Penciptaan karya teater a resonance berdasarkan problematika kekerasan seksual : sebuh bentuk video teater eksperimental

Akbar, Arjun Subbanul (2023) Penciptaan karya teater a resonance berdasarkan problematika kekerasan seksual : sebuh bentuk video teater eksperimental. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ARJUN SUBBANUL AKBAR_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text
ARJUN SUBBANUL AKBAR_2023_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ARJUN SUBBANUL AKBAR_2023_BAB V.pdf

Download (479kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
ARJUN SUBBANUL AKBAR_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (462kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kasus kekerasan seksual menjadi salah satu penyakit yang menginfeksi berbagai kalangan masyarakat. Dimana masalah tersebut tidak memandang bulu baik korban dan pelakunya. Berangkat dari beberapa kasus yang telah terjadi, banyak hal dapat menjadi faktor pendorong terjadinya kekerasan seksual. Salah satu faktor paling mendasar yaitu faktor rendahnya moralitas dan mentalitas pelaku. Mereka telah kehilangan rasa empati, sebuah tindakan-tindakan individu dalam memposisikan diri sendiri pada diri orang lain. Moralitas dan mentalitas yang tidak dapat bertumbuh dengan baik, membuat pelaku tidak dapat mengontrol nafsu atau perilakunya. Mengembalikan rasa empati seseorang merupakan sebuah solusi untuk mereduksi kasus kekerasan seksual, tidak secara umum, tetapi secara pribadi dalam diri setiap manusia. Karya penciptaan ini merupakan hasil refleksi dari berbagai masalah kekerasan seksual dan bertujuan untuk menstimulus kesadaran empati para aktor. Pencipta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memperkokoh ide penciptaan. Pencipta kemudian menerapkan metode transformatif pada proses penciptaan karya. Kesimbangan potensi dari unsur-unsur dalam tubuh aktor yang pernah bersinggungan dengan kasus kekerasan seksual berfungsi untuk mengeluarkan impuls menjadi titik fokus dalam metode ini. Selain itu sistem Via-Negatifa juga berperan sebagai sistem kerja penyatuan unsur-unsur dalam diri aktor yaitu tubuh, pikiran, dan spirit. Hasil penelitian ini adalah karya video teater ekperimental yang menggambarkan gejolak empati dalam diri manusia yang kontradiktif pra-kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Akbar, Arjun Subbanulnim2021272411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorYuliadi, Koesnidn0022076805
ContributorKuardhani, Hirwannidn0015076404
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: Kekerasan seksual, empati, teater eksperimental
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Arjun Subbanul Akbar
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:26
Last Modified: 16 Feb 2023 04:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13510

Actions (login required)

View Item View Item