G. Kharoris, Salsa (2022) Analisis Proses Mixing Vokal Pada Lagu Daddy’s Fav Boy Karya Muhammad Al Ghifari Di Saga Audio Music Production. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Salsa G Kharoris_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Salsa G Kharoris_2022_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
Salsa G Kharoris_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (2MB) |
|
Text
Salsa G Kharoris_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (157kB) |
Abstract
Mixing pada audio merupakan langkah ketiga dalam proses produksi musik setelah melakukan proses produksi awal yaitu recoding dan editing. Tujuan mixing adalah menggabungkan dan menyeimbangkan dua atau lebih trek audio baik dari sisi instrumen maupun non-instrumen sehingga menghasilkan karakter bunyi yang mempunyai nilai estetik lebih. Materi mixing dalam penelitian ini menggunakan lagu Daddy’s Fav Boy karya Muhammad Al Ghifari. Proses mixing yang dipaparkan oleh Bobby Owsinski mengunakan urutan yang dimulai dari balance, freuquency range, panorama, dimension, dynamic, dan interest. Dari proses mixing yang diterapkan oleh Bobby Owsinski akan ditinjau ulang untuk disesuaikan pada lagu Daddy’s Fav Boy. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis musikologis. Proses mixing yang diterapkan Saga Audio pada lagu Daddy’s Fav Boy diolah dengan menggunakan urutan volume balancing, panning, tonal balancing, dynamic processing, dan yang terakhir adalah time based processing. Urutan dari proses mixing vokal pada lagu Daddy’s Fav Boy dipilih berdasarkan pertimbangan dari gambaran output bunyi yang memiliki bentuk musik hip-hop. Vokal pada musik hip-hop menggunakan teknik kalimat padat, cepat dan rapat dengan pembawaan tegas yang disebut rap. Konsekuensi dari pengolahan teknik vokal rap tanpa menerapkan pemotongan pada suara nafas akan mengganggu tiap kalimat yang diucapka oleh vokalis. Kalimat vokal yang jelas tentu didukung dengan tingkat kecerahan audio yang jelas pula, Saga Audio menggunakan teknik frequency boost dan pengunaan kompresor dengan karakter suara cerah agar mendapatkan hasil yang dituju.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENIMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | mixing, strategi dalam mixing, prosedur mixing, Rap mixing | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Salsa G Kharoris | |||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 00:42 | |||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 00:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13648 |
Actions (login required)
View Item |