Penciptaan Film Dokumenter Ekspositori “Jejak Migrasi Pra Sejarah” Di Pulau Kangean Melalui Arsip Penelitian Balai Arkeologi DIY

Rino Pungkiawan, Pius and Dwi Nugroho, Agustinus and Gde Oka Widnyana, I Putu (2021) Penciptaan Film Dokumenter Ekspositori “Jejak Migrasi Pra Sejarah” Di Pulau Kangean Melalui Arsip Penelitian Balai Arkeologi DIY. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Pius Rino Pungkiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Jejak-jejak Pra Sejarah di Indonesia telah ditemukan di berbagai daerah dengan ditemukannya fosil dan artefak yang membuktikan keberadaan peradaban tersebut. Salah satu penemuan baru yang digagas oleh Tim Balai Arkeologi Yogyakarta adalah sebuah temuantemuan di pulau-pulau kecil utara Jawa, salah satunya Pulau Kangean. Di pulau ini ditemukan gua-gua yang diduga memiliki fakta-fakta pra sejarah, salah satunya Gua Arca yang telah diteliti dan diekskavasi. Temuan jejak pra sejarah di sebuah pulau membuktikan pula jejak-jejak migrasi manusia pra sejarah. Hal ini tentu saja menarik untuk diangkat ke sebuah medium film seperti film dokumenter bertema arkeologi. Penelitian ini akan berfokus pada sebuah proses menerjemahkan proses penelitian dan ekskavasi yang telah dirintis oleh Balai Arkeologi Yogyakarta dengan melihat kembali hasil penelitian dan arsip yang dimiliki oleh peneliti Balai Provinsi DIY. Penuturan film yang dipakai adalah bentuk ekspositori, dimana penekanan informasi dari narasumber dan visualisasinya menjadi kunci kemasan filmnya. Bentuk ekspositori menekankan pada deskripsi dan penjelasan terkait dengan objek melalui proses wawancara dan narasi. Penelitian ini penting untuk dilakukan, karena belum banyak film dokumenter yang mengangkat tema pra sejarah, terlebih apa yang akan difilmkan adalah sebuah temuan baru. Metode penciptaan yang akan dilakukan melalui tahapan pra produksi, produksi dan paska produksi, dengan melakukan proses metode riset dokumen arsip, wawancara narasumber, serta studi pustaka dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan film dokumenter ekspositori “jejak-jejak Migrasi Pra Sejarah” di Pulau Kangean melalui arsip penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta, sehingga film ini menjadi sebuah bentuk dokumentasi arkeologis yang berguna untuk edukasi. Penelitian ini sesuai dengan TKT tingkat enam sehingga hasil dari penelitian ini adalah film dokumenter yang memiliki hak cipta dan dituangkan juga dalam bentuk artikel ilmiah berbentuk jurnal.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rino Pungkiawan, Piusnidn
Dwi Nugroho, Agustinusnidn
Gde Oka Widnyana, I Putunim191051032
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: pra sejarah, kangean, balai arkeologi, dokumenter, ekspositori
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 24 Feb 2023 00:57
Last Modified: 24 Feb 2023 00:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item View Item