Agung Nugraha, Wahyu (2023) "Kemlanthing":Eksperimentasi Gamelan Pipa Besi sebagai Konsep Penciptaan Komposisi Karawitan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_Full Teks.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_PENUTUP.pdf.pdf Download (290kB) |
|
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_LAMPIRAN 1.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_LAMPIRAN 2.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
|
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_PERNYATAAN PERSEYUJUAN -PUBLIKASI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
Wahyu Agung Nugraha_2023_BAB 1.pdf.pdf Download (659kB) |
Abstract
Kemlanthing merupakan karya terapan dari hasil eksperimentasi bunyi ricikan balungan menggunakan material pipa besi. Berawal dari rangsangan ide, ekplorasi bunyi, eksperimen bahan, maka terciptalah sebuah gagasan untuk membuat komposisi karawitan dengan tidak menggunakan gamelan konvensional. Instrumen yang dipakai untuk membuat komposisi karawitan ini ialah seperangkat gamelan meliputi ricikan balungan bermaterialkan pipa besi. Fenomena bunyi dari aktivitas perbengkelan menjadi rangsangan awal penulis mengimajinasikan pemilihan material. Penciptaan seni ini menggunakan metode Practice as Researtch through Performance (Praktik seagai Penelitian melalui Pertunjukan). Metode ini adalah sebuah langkah praktik yang dilakukan untuk mendapatkan data terbaik tentang karya seni yang diciptakan (Kershaw, 2009, p. 105). Tahapan-tahapan penelitian ini dikelompokan menjadi tiga, yakni pra garap, garap, dan pasca garap. Fokus penelitian ini adalah langkah-langkah pada pembuatan gamelan pipa besi. Pada dasarnya pipa besi umumnya digunakan untuk keperluan konstruksi, agar dapat memiliki fungsi baru sebagai alat musik berbasis tradisi. Tujuan dari penelitian ini sejatinya untuk membuat karakter atau warna bunyi yang berbeda, sejatinya akan menambah kekayaan karawitan. Penulis selain proses pembuatannya juga membuat model penyajian komposisi karawitan yang sesuai dengan gamelan pipa besi. Model kemasan pertunjukan tidak lupa dibuat semirip mungkin dengan konsep bengkel pertunjukan, hal ini diwujudkan dengan beberapa unsur, yaitu tata panggung, tata suara, tata cahaya dan tata busana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91211#SENIKARAWITAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: eksperimentasi, eksplorasi bunyi, gamelan pipa besi, sistem pelarasan. | |||||||||
Subjects: | Karawitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | |||||||||
Depositing User: | Wahyu Agung Nugraha | |||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:57 | |||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 03:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13687 |
Actions (login required)
View Item |