Estetika Digital: Kajian Fotografi Pasca Analog Pada Iklan Sabun Lux

Widyo Harsanto, Prayanto and Cahyono Priyanto, Octavianus and Wirangga Jakti, Jalung (2021) Estetika Digital: Kajian Fotografi Pasca Analog Pada Iklan Sabun Lux. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Prayanto Widyo Harsanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (139kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Fotografi dalam iklan sabun Lux di era digital tidak hanya soal perubahan teknologi saja, melainkan estetika yang dikandungnya dimungkinkan terjadi perubahan. Karena hadirnya nya teknologi digital menuntut perubahan dalam cara pandang (cara berpikir/perspektif); cara kerja (bersikap dan bertindak), demikian pula cara memaknai pada karya yang dihasilkan. Dalam konteks ini, yang dimaksud estetika digital merupakan istilah terkait pencerapan yang dilakukan oleh indera terhadap visual yakni gambar yang diproduksi oleh fotografi digital. Sebab cara pandang fotografi digital dengan fotografi analog/konvensional berbeda, demikian pula cara kerja dan dimungkinkan estetikanya pun tidak sama. Dimana pada fotografi analog konsep indeksikal menjadi penting dalam memberi otentisitas atas kebenaran gambar fotografi, namun demikian tidak untuk fotografi digital. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap serta membuktikan konsep dan estetika untuk iklan sabun Lux. Selain itu untuk mengungkap karakteristik penting secara analitis dan eksperimental teknologi fotografi di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan estetika (desain). Obyek material dalam kajian ini adalah fotografi, sementara obyek formalnya adalah estetika. Teori Estetika dari Walter Benjamin digunakan sebagai pisau analisis guna menjelaskan persoalan pada fotografi dalam iklan sabun Lux. Melalui penelitian ini menghasilkan produk pengetahuan yang secara teoritis dan empiris memungkinkan untuk diterapkan pada desain iklan. Selain itu hasil penelitian ini akan menjadi referensi bagi pengambil kebijakan (perusahaan/Lembaga) dalam merumuskan, melaksanakan, dan mengevaluasi program untuk pengembangan khususnya dalam periklanan.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Widyo Harsanto, Prayantonidn0011026307
Cahyono Priyanto, Octavianusnidn0017107004
Wirangga Jakti, Jalungnim1921213411
Department: KODEPRODI91271#FOTOGRAFI
Uncontrolled Keywords: Estetika, Fotografi, Iklan, Sabun kecantikan
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:03
Last Modified: 24 Feb 2023 02:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13726

Actions (login required)

View Item View Item