Pengelolaan Festival Seni Virtual JICAF (Jogja International Creative Arts Festival): Upaya Sinergi Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Seni Internasional di Masa Pandemi

Adya Ratna, Rr. Vegasari and Win Gemintang, Gintang (2021) Pengelolaan Festival Seni Virtual JICAF (Jogja International Creative Arts Festival): Upaya Sinergi Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Seni Internasional di Masa Pandemi. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Di masa pandemi, kolaborasi sebuah festival seni selain memudahkan juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. JICAF (Jogja International Creative Art Festival) merupakan festival seni virtual yang diselenggarakan oleh ISI Yogyakarta bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seni internasional. Secara keseluruhan acara, JICAF telah dianggap berhasil terlaksana dengan melibatkan beberapa mitranya. Secara pengelolaan, JICAF terkendala komunikasi jarak jauh yang membuat pesan yang disampaikan tidak efektif. Kondisi pandemi di dunia membuat pengumpulan karya dari luar negeri pun terhalang. Beberapa upaya dan strategi dilakukan oleh JICAF, tidak hanya demi terselenggaranya acara semata namun juga menciptakan nilai baru dan arti penting sebuah kolaborasi. Walaupun pengelolaan dinilai sporadis, namun festival ini mampu meneruskan hubungan antar mitra perguruan tinggi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi mengenai pengelolaan festival seni JICAF yang diselenggarakan secara virtual, khususnya strategi kolaborasi yang terjalin didalamnya sehingga menciptakan sinergitas antar perguruan tinggi di masa pandemi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data primer dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara mendalam pada informan, dalam hal ini adalah ketua panitia dan kurator. Sedangkan data sekunder didapatkan dari pengumpulan dokumen, foto, arsip, literatur, dan berita ataupun tulisan yang dimuat pada media online.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adya Ratna, Rr. Vegasarinidn
Win Gemintang, Gintangnim1810156026
Department: KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: kolaborasi, mitra, festival seni, virtual
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:43
Last Modified: 22 May 2023 09:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item