Social Media Marketing “Funkot” (Studi Kasus Kelompok Musik Prontaxan)

Berdieta Sarinastiti, Tristania (2023) Social Media Marketing “Funkot” (Studi Kasus Kelompok Musik Prontaxan). Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
TRISTANIA BERDIETA_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
TRISTANIA BERDIETA_2023_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TRISTANIA BERDIETA_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (920kB)
[img] Text
TRISTANIA BERDIETA_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (714kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Prontaxan merupakan sebuah produk budaya subculture yang menggunakan social media marketing sebagai cara untuk memperkenalkan musik mereka ditengah berkembangnya musik pop dan indie di Indonesia. Sebagai kelompok musik yang membawakan musik yang terkesan norak dan pinggiran Prontaxan berhasil merubah pikiran masyarakat mengenai Funkot melalui konten-konten yang diunggah di media sosial. Melalui teori social media marketing dan subculture, penelitian ini mengkaji bagaimana social media marketing yang digunakan Prontaxan serta sejauh mana media sosial berimplikasi terhadap keberadaan Prontaxan sebagai subculture dalam kebudayaan yang dinamis. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode etnografi digunakan untuk dapat mengkaji pergerakan Prontaxan dalam social media marketing sebagai produk subculture. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa Prontaxan mampu memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi mereka dengan memberikan konten yang menghibur namun dekat dengan kehidupan pinggir kota. Serta membuktikan kekuatan media sosial dalam budaya subculture juga berguna untuk memperkenalkan nilai dan ideologi musik Funkot hingga membawa Prontaxan menjadi salah satu kelompok musik yang dapat memperkenalkan Funkot hingga benua Amerika dan Eropa. Kata Kunci: funkot, prontaxan, subculture, social media marketing

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Berdieta Sarinastiti, Tristanianim2020197420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
CollaboratorAryandari, Citranidn0025077901
Department: KODEPRODI91102#TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: Funkot, prontaxan, subculture, social media marketing
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Tristania Berdieta Sarinastiti
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:27
Last Modified: 27 Feb 2023 01:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item