Wayang SMP Sebagai Penguatan Karakter Remaja

Junaidi, Junaidi and Aziz, Abdul (2021) Wayang SMP Sebagai Penguatan Karakter Remaja. LPPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Junaidi_2021_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Junaidi_2021_BAB VI Kesimpulan.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Junaidi_2021_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wayang mempunyai multi fungsi salah satunya sebagai media pendidikan karakter atau budi pekerti bersifat multi level, yakni anak, remaja, muda, dewasa, dan tua. Namun demikian format bentuk, isi, dan tekniknya masih bersifat monolevel, sehingga kurang diapresiasi oleh remaja usia Sekolah Menengah Pertama. Untuk itu maka perlu diciptakan model wayang yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan fisik remaja pada usia tersebut. Model wayang yang diharapkan adalah Wayang SMP, yaitu model wayang yang sesuai untuk Pendidikan Sekolah Menengah Pertama yang terdiri atas SMP dan MTs. Penelitian ini bertujuan ingin menguatkan kualitas karakter remaja menengah, dengan tanpa meninggalkan fungsi hiburan, bahkan diharapkan bisa meningkatkan ekonomi nasional. Fungsi penguatan karakter terfokus pada karakter positif. Metode penelitian penciptaan seni dimulai dari eksplorasi, visualisasi, dan demontrasi. Hasinya berupa 18 tokoh model boneka wayang dan 1 naskah pertunjukan wayang untuk siswa-siswi SMP, dengan mengangkat tema-tema keremajaan menengah berdasarkan nilai kejujuran, kesantunan, kesetiaan, dan sebagainya. Tema yang diangkat adalah Seni dan topik seni dan pendidikan. Tingkat kesiapan teknologi setara level 4.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Junaidi, Junaidinidn0021067305
Aziz, Abdulnim1410123016
Uncontrolled Keywords: Wayang SMP, penguatan, karakter, dan remaja
Subjects: Pedalangan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pedalangan
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:02
Last Modified: 06 Mar 2023 08:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item