Junaidi, Junaidi and Anwar, Yusuf Solihun (2022) Pakeliran Wayang SMP Untuk Remaja Menengah. LPPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Junaidi_2022_BAB I Pendahuluan.pdf Download (251kB) |
|
Text
Junaidi_2022_BAB VI Kesimpulan.pdf Download (75kB) |
|
Text
Junaidi_2022_Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Metode penciptaan seni, berupa produksi karya seni wayang dengan melibatkan tiga langkah, yakni eksplorasi, visualisasi, dan sosialisasi. Adapun kerjanya berupa perancangan pakem caking pakeliran digunakan untuk menentukan cara dan langkahlangkahnya, sedangkan analisinya memakai teori struktur. Cara merancang adalah melakukan penulisan cerita (synopsis dan kerangka cerita), narasi (prolog, dialog, dan epilog), gerak (cepengan, metonan, tancepan, bedholan, solah, dan entas-entasan), dan lagu (gendhing, sulukan, kombangan, sindhenan, dan gérongan) yang akan dijadikan sebagai pedoman tertulis tentang pakeliran, sedangkan langkah Hasilnya berupa model pakem pakeliran wayang SMP dengan waktu pendek sekitar 30 jam tayang, kontens keremajaan menengah, dan teknik. Tema yang diangkat adalah Seni dan topik seni dan pendidikan. Luaran wajib berupa Hak Cipta berjudul “Pakem Pakeliran Wayang SMP Cerita Cita-Cita Remaja Widarakandang” telah terbit surat pendaftarannya, dengan didukung luaran tambahan berupa jurnal berjudul “Pakeliran Wayang SMP Cerita Remaja Widarakandang”, telah disumbmitkan ke jurnal sedangkan Tingkat kesiapan teknologi setara level 5 yaitu validasi komponen/sub system dalam suatu lingkungan yang relevan.
Item Type: | Other | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, pakeliran, Wayang SMP | ||||||
Subjects: | Pedalangan | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pedalangan | ||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2023 08:18 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2023 08:18 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13801 |
Actions (login required)
View Item |