Pakeliran Wayang SMP Untuk Remaja Menengah

Junaidi, Junaidi and Anwar, Yusuf Solihun (2022) Pakeliran Wayang SMP Untuk Remaja Menengah. LPPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Junaidi_2022_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Junaidi_2022_BAB VI Kesimpulan.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Junaidi_2022_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode penciptaan seni, berupa produksi karya seni wayang dengan melibatkan tiga langkah, yakni eksplorasi, visualisasi, dan sosialisasi. Adapun kerjanya berupa perancangan pakem caking pakeliran digunakan untuk menentukan cara dan langkahlangkahnya, sedangkan analisinya memakai teori struktur. Cara merancang adalah melakukan penulisan cerita (synopsis dan kerangka cerita), narasi (prolog, dialog, dan epilog), gerak (cepengan, metonan, tancepan, bedholan, solah, dan entas-entasan), dan lagu (gendhing, sulukan, kombangan, sindhenan, dan gérongan) yang akan dijadikan sebagai pedoman tertulis tentang pakeliran, sedangkan langkah Hasilnya berupa model pakem pakeliran wayang SMP dengan waktu pendek sekitar 30 jam tayang, kontens keremajaan menengah, dan teknik. Tema yang diangkat adalah Seni dan topik seni dan pendidikan. Luaran wajib berupa Hak Cipta berjudul “Pakem Pakeliran Wayang SMP Cerita Cita-Cita Remaja Widarakandang” telah terbit surat pendaftarannya, dengan didukung luaran tambahan berupa jurnal berjudul “Pakeliran Wayang SMP Cerita Remaja Widarakandang”, telah disumbmitkan ke jurnal sedangkan Tingkat kesiapan teknologi setara level 5 yaitu validasi komponen/sub system dalam suatu lingkungan yang relevan.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Junaidi, Junaidinidn0002106207
Anwar, Yusuf Solihunnim2010191016
Uncontrolled Keywords: Perancangan, pakeliran, Wayang SMP
Subjects: Pedalangan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pedalangan
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:18
Last Modified: 06 Mar 2023 08:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item