Pelibatan Unsur Cabang Ilmu Fisika Sebagai Ide Dalam Karya Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Penciptaan Musik ISI Yogyakarta

Octavia Rosiana Dewi, Maria and Kwong, Handy (2022) Pelibatan Unsur Cabang Ilmu Fisika Sebagai Ide Dalam Karya Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Penciptaan Musik ISI Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Maria Octavia Rosiana Dewi_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Maria Octavia Rosiana Dewi_2022_Bab I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Maria Octavia Rosiana Dewi_2022_Bab VI.pdf

Download (127kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Untuk menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif, berbagai cara dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Penciptaan Musik sebagai upaya untuk mewujudkan identitas kebaruan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji landasan ide dalam proses penciptaan karya tugas akhir dua mahasiswa Prodi Penciptaan Musik FSP ISI Yogyakarta yang mencoba mewujudkan hal itu dengan melibatkan suatu unsur dari cabang ilmu fisika ke dalam karya komposisi musik. Pelibatan unsur cabang ilmu fisika ke dalam suatu karya komposisi musik menjadi suatu hal yang sangat menarik, karena dalam prosesnya tentu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang lebih dari mahasiswa, dalam mendalami dan memahami bidang sains tersebut. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui proses kreativitas yang dilakukan oleh kedua mahasiswa Program Studi Penciptaan Musik ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan dilakukan observasi dan studi pustaka sebelumnya untuk mendapatkan sumber data. Selain itu, prosedur wawancara sampel penelitian dilakukan pada dua mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhir yang melibatkan unsur-unsur cabang fisika sebagai bagian dari karya komposisi musik mereka. Selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan hasil perolehan sumber data dan analisis musik karya kedua mahasiswa tersebut. Dalam proses penciptaan karya musik, salah satu mahasiswa menggunakan ide rumus kinematika gerak lurus dan mengeksplorasi dan juga mengubahnya menjadi ide ekstramusikal. Hasil transformasi tersebut menjadi sebuah alat atau biasa disebut fitur sebagai landasan dalam menciptakan karya komposisi musik. Mahasiswa yang lain menggunakan rumus reaksi fisi nuklir Uranium-235, dimana rumus tersebut pernah menjadi bahan untuk membuat bom atom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima, Jepang. Rumus reaksi fisi nuklir Uranium-235 digunakan sebagai dasar pembuatan leitmotif dan kemudian dikembangkan ke dalam salah satu bagian karya musik. Kedua hal tersebut yang menjadi hasil kesimpulan dalam penelitian ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Octavia Rosiana Dewi, Marianidn0012107702
Kwong, Handynim1910168013
Uncontrolled Keywords: kinematika gerak lurus, uranium-235, komposisi musik, musik dan sains, tugas akhir mahasiswa
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:50
Last Modified: 13 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13832

Actions (login required)

View Item View Item