Rekonstruksi 3D Landmark Perkampungan Peradaban Kuno Situs Liyangan Berdasarkan Temuan Arkeologis Balai Arkeologi Yogyakarta

Arifian Rohman, Mohammad and Karina Pritha Atmani, Agnes and Indra Pambudi, Fiko (2021) Rekonstruksi 3D Landmark Perkampungan Peradaban Kuno Situs Liyangan Berdasarkan Temuan Arkeologis Balai Arkeologi Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Mohammad Arifian Rohman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Mohammad Arifian Rohman_Bab I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Mohammad Arifian Rohman_Bab VI.pdf

Download (47kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Artefak fisik dan hasil temuan arkeologis dapat dipindai secara 3D menggunakan perangkat pemindai, yaitu 3D Terrestrial Laser Scanning (TLS), berbasis foto dengan teknik photogrammetry. Sistem kerjanya sebatas memindai kondisi situs saat itu dan harganya masih mahal. Balai Arkeologi menghadirkan kondisi situs pada zaman situs sebagai bangunan yang sakral atau dilihat dari aspek fungsinya. Tujuan penelitian adalah menghadirkan kembali kondisi situs seperti pada masa kejayaannya dengan menggunakan metode visualisasi 3D. Objek penciptaan dan proses rekonstruksi 3D landmark dari data arkeologis Balai Arkeologi DIY dan Situs Liyangan, Temanggung, Jawa Tengah. Proses rekonstruksi 3D dibantu peneliti Balai Arkeologi DIY supaya objektivitas dan validitas data terjaga secara keilmuan. Proses penciptaan dengan permodelan aset, tekstur, dan perancangan tata letak. Produksi rekonstruksi 3D menggunakan perangkat lunak 3Ds Max dan mesin game Unreal sebagai penyaji antarmuka akses bagi pengguna berikut interaksinya, kemudian dilakukan evaluasi pengujian berdasarkan sisi persepsi arkeologi. Hasil evaluasi, situs liyangan dinyatakan lebih tua daripada situs yang ada di sekitarnya, terbukti adanya situs yang mendampingi pada era yang sama, antara lain Candi Dharmasala di kompleks Candi Dieng yang belum menerapkan sistem relief seperti Candi Dieng. Hasil pengumpulan data dari buku referensi di Balai Arkeologi dan pengamatan di lapangan, proses rekonstruksi Situs Liyangan dinyatakan berhasil sesuai dengan bukti persepsi arkeologis tersebut. Dengan demikian, hasil akhir yang didapat berupa tercapainya purwarupa rekonstruksi 3D landmark Situs Liyangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Arifian Rohman, Mohammadnidn0001028405
Karina Pritha Atmani, Agnesnidn0023017613
Indra Pambudi, Fikonim1900261033
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, 3D Landmark, Situs Liyangan
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:35
Last Modified: 14 Mar 2023 01:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item