Penerapan Subpixel Animation Dalam Penganimasian Aset Visual Game " Panji Tales"

Andito, Tegar and Kurniawan, Ivan (2022) Penerapan Subpixel Animation Dalam Penganimasian Aset Visual Game " Panji Tales". Project Report. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Tegar Andito_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Tegar Andito_2022_Bab I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Tegar Andito_2022_Bab VI.pdf

Download (157kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Fenomena penambangan cryptocurrency yang menyebabkan kelangkaan kartu grafis di pasaran. Hal ini secara tidak langsung berpotensi meningkatkan popularitas lightweight games karena game jenis ini tidak menuntut spesifikasi perangkat keras komputer yang tinggi. Salah satu lightweight games yang populer adalah game bergenre pixel art. Banyak cerita rakyat Indonesia yang berpotensi diadaptasi ke dalam game. Salah satu cerita rakyat potensial tersebut adalah Kisah Panji karena kisah ini terdokumentasi dengan baik dalam hal naskah maupun visual. Visual yang paling lengkap menampilkan setting Kisah Panji adalah Wayang Gebyok dan relief candi langgam Jawa Timur. Baik wayang gebyok maupun relief candi langgam Jawa Timur menampilkan tampak samping tokoh dengan kepala besar. Penggambaran tokoh dan lingkungan seperti ini dapat dengan mudah diadaptasi dalam karya pixel art. Karya 2D harus dianimasikan sebagai sprite ketika hendak diterapkan dalam game 2D. Proses pembuatan sprite dapat dilakukan dengan proses produksi yang terdiri dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tantangan muncul ketika yang dianimasikan adalah karya pixel art. Penganimasian gambar pixel art secara konvensional, yakni dengan sekedar menggerakkan siluet tokoh/obyek akan menghasilkan gerakan yang kasar akibat keterbatasan resolusi gambar. Untuk menghasilkan animasi pixel art yang halus, karya pixel art dapat digerakkan dengan metode subpixel animation. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aset visual game berjudul “Panji Tales” yang merupakan game bergenre pixel graphics game yang dirancang sebagai antisipasi kemungkinan meningkatnya popularitas lightweight games. Luaran utama dari penelitian ini adalah artikel jurnal nasional terakreditasi minimal SINTA 5 dengan status submitted. Di samping luaran utama, terdapat pula luaran tambahan berupa HKI dengan target telah didaftaran. Luaran tambahan lain dari penelitian ini adalah purwarupa berupa playable demo. Penelitian ini merupakan pengintegrasian mendasar komponen-komponen teknologi yang berbeda. Pengintegrasian yang akan dilakukan bertujuan untuk memastikan bagian-bagian yang ada dapat berfungsi. Karena salah satu luaran penelitian ini adalah purwarupa, maka dapat dikatakan bahwa hasil penelitian ini terbatas pada ruang lingkup laboratorium. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tingkat 3 dalam kesiapan teknologi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Andito, Tegarnip198705182019031009
Kurniawan, Ivannim2000319033
Department: KODEPRODI90446#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: game, pixel art, sprite, candi, Panji
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:05
Last Modified: 20 Mar 2023 06:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item