Wahyu Widodo, Tri and Fabio Cross, Nathasa (2022) Model Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Dalam Pembelajaran Seni Musik Melalui Recorder Pada Sekolah Dasar. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Tri Wahyu Widodo_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Tri Wahyu Widodo_2022_Bab VII.pdf Download (75kB) |
|
Text
Tri Wahyu Widodo_2022-Bab I.pdf Download (178kB) |
Abstract
Kompetensi adalah sebuah keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diembannya. Dengan tantangan pekerjaan yang selalu berkembang maka kompetensi harus selalu mengikuti dinamika perkembangan tantangan pekerjaan. Salah satu kompetensi saat ini yang diperlukan untuk peningkatan antara lain profesi seorang pendidik. Profesi pendidik atau guru baik pendidikan tingkat pra tk hingga pendidikan perguruan tinggi harus selalu update dengan perkembangan era yang berlangsung. Dalam penelitian ini mengungkap fenomena profesi seorang guru kelas pada pendidikan sekolah dasar yang memiliki tantangan besar dalam proses belajar mengajar dan menjadi perhatian besar dari pemerintah. Guru sebagai ujung tombak sebuah keberhasilan membangun dasar pengetahuan anak memiliki tugas yang sangat berat. Oleh karena itu memahami fenomena guru sebagai profesi pendidik merupakan sangat penting dalam memahami bagaimana merancang peningkatan kompetensi profesi guru kelas dalam alat musik Recorder tingkat pendidikan dasar seperti apa. Fokus dalam penelitian yang akan dilakukan pada guru kelas yang mengajarkan seni musik melalui recorder dalam tingkat pendidikan dasar bidang pengetahuan seni dan khususnya bidang seni musik. Data yang terkumpul merupakan hasil observasi pelatihan guru kelas pada pembelajaran seni musik yang diselenggarakan kerjasama antara Yamaha Education dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2022. Dalam proses pelatihan peningkatan kompetensi guru kelas banyak yang perlu diungkap dan membutuhkan solusi. Maka penelitian ini bertujuan untuk merancang berbagai hal yang dapat meningkatan kompetensi guru kelas sekolah dasar dalam memberikan pengetahuan seni musik. Metode pengumpulan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan tradisi qualitatif melalui pendekatan studi kasus dari guru sekolah yang ditunjuk dalam program peningkatan kompetensi guru sekolah dasar.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kompentensi guru; pendidikan sekolah dasar; seni musik; recorder | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 04:17 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13904 |
Actions (login required)
View Item |