Kajian Visual Iklan Media Cetak Otomotif Tahun 1960-1970

Sherly Taju, Fransisca and Agustine, Leony (2021) Kajian Visual Iklan Media Cetak Otomotif Tahun 1960-1970. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I_Fransisca Sherly Taju.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB VI_Fransisca Sherly Taju.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT_Fransisca Sherly Taju.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ket. Jurnal. Fransisca Sherly Taju.pdf

Download (750kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Perkembangan dunia desain komunikasi visual saat ini tentunya tak bisa meninggalkan sejarah yang telah membentuknya. Pada tahun 1960 merupakan cikal bakal iklan media cetak yang menggunakan teknik fotografi di Indonesia, terutama iklan media cetak otomotif yang menggunakan ilustrasi foto model wanita. Serta ditemukan banyak fenomena yang terjadi pada saat itu, seperti pengaruh revolusi industri dan juga perpindahan politik, sehingga dalam sebuah iklan pasti tersirat fenomena yang ada pada masa itu. Urgensi penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi visual iklan cetak otomotif, sekaligus sebagai kompilasi kapita selekta perkembangan fotografi dan media periklanan masa lalu 70an dan kini. Sampel motor bebek tahun 1960 – 1970 dari sisi sosial budaya. Disisi lain agar dapat menambah pengetahuan sejarah fotografi yang awalnya iklan media cetak menggunakan teknik gambar manual yang kemudian beralih menggunakan teknik fotografi, serta juga menambah ragam kekayaan kajian fotografi yang berhubungan dengan sosial budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus. Diawali dengan pengumpulan data, pemilihan sampel, dan menganalisis hasil sampel dengan intepretasi visual menurut Gillian Rose (2001: 18), yakni: (1) site of the production of an image, (2) site of the image it self, (3) site where it is seen by various audiences. Intepretasi visual ini dipahami tentang (1) teknologi, disini dapat diartikan sebagai fotografi dan cetakan. (2) komposisi, disini dapat diartikan estetika karya, dan (3) sosial, disini dapat diartikan dengan makna visual di iklan media cetak. Selanjutnya target luaran wajib dari penelitian ini yaitu publikasi Jurnal Nasional terakreditasi Sinta 4 dan luaran tambahannya adalah Kekayaan Intelektual. Hal ini dilakukan agar dapat menjadi bahan acuan dalam melihat serta memahami perkembangan sejarah fotografi serta dapat mengaplikasikan teknik fotografi yang ada dalam penerapan desain komunikasi visual terutama dalam menggunakan model wanita maupun otomotif. Kata Kunci: iklan cetak, otomotif, fotografi, komunikasi visual.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sherly Taju, Fransiscanip.199002152019032018
Agustine, Leonynim.1912596024
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: iklan cetak, otomotif, fotografi, komunikasi visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:53
Last Modified: 17 Mar 2023 03:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item