Konsep Perancangan Desain Buku Komik Anak-anak Kisah Dakwah Sunan Kalijaga

Fahmi, Luai Ihsani (2022) Konsep Perancangan Desain Buku Komik Anak-anak Kisah Dakwah Sunan Kalijaga. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Luai Ihsani Fahmi_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Bab I Luai.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V Luai Ihsani Fahmi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Lampiran Luai Ihsani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB) | Request a copy
[img]
Preview
Image
1.jpg

Download (506kB) | Preview
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara besar dengan populasi penduduk sebesar 297,27 juta jiwa, dan 11,20 juta jiwa di antaranya termasuk ke dalam kelompok umur 0-14 tahun (anak-anak) (Bappenas, 2019). Tingginya populasi penduduk ini masih berpotensi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Zaman yang terus berkembang turut membuat modernisasi semakin berkembang pula. Hal ini memunculkan dua ancaman, yakni budaya Nusantara yang bias dengan budaya luar negeri, dan kelompok ekstrimis hadir dari ketimpangan sosial yang ada, kemudian menggunakan agama untuk membela diri dan menghilangkan sikap toleransi dari kehidupan masyarakat. Survei terkini yang dirilis oleh beberapa lembaga seperti Wahid Institute, Pusat Pengkajian Islam Masyarakat (PPIM), dan Setara Institute yang dikutip oleh The Conversation (2019) mengungkap bahwa ajaran intoleransi dan paham radikalisme terindikasi telah menyebar di lembaga pendidikan di Indonesia. Semakin sedikit anak-anak yang mengetahui sejarah kisah Wali Songo khususnya Sunan Kalijaga, sedangkan kita semua mengetahui bahwa gamelan, tembang, dan wayang adalah media dakwah Sunan Kalijaga yang telah menjadi kekayaan seni di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan media komunikasi visual untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut, karena kisah dakwah Sunan Kalijaga memiliki pesan moral yang bisa membantu untuk memperkaya pemahaman anak- anak terhadap seni dan Islam. Metode perancangan menggunakan metode berpikir Tim Brown. Metode berpikir Tim Brown terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test dibantu dengan teori pembuatan karya komik Scott McCloud, teori komunikasi Harold D Lasswell untuk menyampaikan pesan moral, dan metode ATUMICS untuk memodifikasi aspek budaya ke dalam bentuk visual yang baru. Hasil perancangan ini adalah komik untuk anak-anak yang memiliki manfaat untuk disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual yang berfungsi sebagai pemecahan masalah menggunakan berbagai pendekatan teori untuk memodifikasi karya tradisi ke bentuk yang baru tanpa mengubah esensi kebudayaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fahmi, Luai Ihsaninim1721069411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTinarbuko, Isidorus Tyas Sumbonidn0001046616
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: Komik Anak-anak, Radikalisme, Seni Islam, Sunan Kalijaga
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Luai Ihsani Fahmi
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:39
Last Modified: 07 Jun 2023 07:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item