Perancangan Buku Concept Art Arok Dedes Berdasarkan Novel Pramoedya Ananta Toer

Suryo Banindro, Baskoro and Zacky, Asnar and Widya Ardilla, Rikhana (2021) Perancangan Buku Concept Art Arok Dedes Berdasarkan Novel Pramoedya Ananta Toer. Project Report. LPM ISI Yogyakarta, Yogyakarta: Jur. Desain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta.

[img] Text
FULL TEKS Baskoro Suryo Banindro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Baskoro Suryo Banindro.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB VII KESIMPULAN Baskoro Suryo Banindro.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN Baskoro Suryo Banindro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Perancangan ini bertujuan mewujudkan buku concept art atas studi novel sejarah karya Pramoedya Ananta Toer yang bergenre novel roman histori berjudul Arok Dedes. Pram telah mendeskripsikan tokoh Arok Dedes dengan pendekatan bahasa sastra yang runtut dan berkualitas tinggi. Apa yang dituliskan dalam isi novel sejarah tersebut, penggambaran para tokohnya dinarasikan begitu mendalam, juga setting tempat maupun waktu kejadian serta karakter-karakter yang ditokohkan. Hal ini menjadi menarik untuk menjadi bahan penelitian dan diwujudkan dalam perancangan guna mengkonstruksi bagaimana sosok para tokoh itu digambarkan. Concept art sendiri adalah sebuah bentuk gambar ilustrasi dengan utamanya adalah untuk menafsirkan sebuah gagasan visual dari desain, ide, atau mood, untuk digunakan dalam pembuatan film, video game, animasi, maupun komik sebelum dimasukan kedalam tahap produksi akhir (Tanuwidjaja, 2020). Mengutip dari Tabachnick et al. dalam Drawn from the Classics (2015), adaptasi karya sastra dalam bentuk visual dapat memperkaya media kesusastraan alih-alih mengkerdilkan karya aslinya. Data dikumpulkan berdasarkan narasi literer buku Arok Dedes sebagai data primer dan artefak maupun relik pada dokumentasi buku pustaka sebagai data sekunder terkait sejarah Singasari abad 12 M. Selanjutnya data akan dianalisis dengan pendekatan 5W dan 1 H (what, who, when, why, where, how). Adapun rumusan masalahnya bagaimana mengeksploarsi dan alih wujudkan dari bahasa verbal ke dalam objek visual sehingga dapat mewujud concept art? Visualisasi concept art berpedoman pada Pipeline Concept Art, yaitu design brief dan production art (Ballesteros, 2020). Hasil penelitian selanjutnya akan digunakan sebagai dasar pijakan dalam mewujudkan dan mengkonstruksi (development exploration) tokoh, atribut, properti dan setting sesuai narasi buku Pram. Berangkat dari konsepsi di atas, maka penelitian ini diharapkan dapat memperkaya dan menekankan intepretasi Pram akan sejarah pembentukan Singasari melalui alih media dan objek baru berupa gambar digital berbasis teknologi bagi generasi muda dan menjadi jembatan antara sejarah dan pemahaman akan realita hidup melalui buku concept art.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suryo Banindro, Baskoronidn0022056503
Zacky, Asnarnip195708071985031003
Widya Ardilla, Rikhananim1812490024
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: buku concept art, Arok Dedes, Tumapel, Pramudya Ananta Toer.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 02 Jun 2023 13:29
Last Modified: 02 Jun 2023 13:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14210

Actions (login required)

View Item View Item