Dwiyansyah, Dede (2023) Perancangan Komunikasi Visual Promosi Nengnong Asinan Betawi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Dede Dwiyansyah_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Dede Dwiyansyah_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dede Dwiyansyah_2023_PENUTUP.pdf Download (567kB) |
|
Image
Dede Dwiyansyah_2023_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
Text
Dede Dwiyansyah_2023_LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Dede Dwiyansyah_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
Abstract
Nengnong Asinan Betawi merupakan badan usaha kuliner yang menawarkan produk makanan tradisional khas betawi, yakni asinan. Nengnong Asinan Betawi sudah berjalan sejak tahun 2011 yang dikelola oleh Neneng Salmiah. Nengnong mengalami kendala dalam mempromosikan produknya kepada khalayak yang lebih luas. Hal inilah yang melatarbelakangi rumusan masalah, yaitu bagaimana merancang komunikasi visual sebagai media promosi untuk meningkatkan minat pembeli pada kuliner Nengnong Asinan Betawi. Dengan tujuan untuk menciptakan perancangan media promosi untuk mengkomunikasikan visual Nengnong Asinan Betawi guna menarik minat konsumen potensial. Metode perancangan yang digunakan adalah pengumpulan data verbal dan visual guna menunjang fondasi perancangan, mulai dari buku-buku terkait, jurnal, data objek perancangan, hingga sumber kepustakaan lainnya. Data dikumpulkan memalui tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka menggunakan instrumen pengumpulan data, lalu dianalisis menggunakan metode SWOT. Melalui proses pengumpulan dan analisis data ini, terciptalah sebuah pemecahan masalah yakni identitas visual Nengnong Asinan Betawi berupa logo, ilustrasi maskot, supergrafis, serta fotografi yang saling berkesinambungan. Hal ini menciptakan harmonisasi dan menciptakan citra baik dimata konsumen potensial. Hasil yang didapat dari perancangan ini ialah, ditemukan bahwa perancangan identitas visual dan media pendukung lainnya mampu menjadi penunjang Nengnong Asinan Betawi dalam agenda promosinya kepada khalayak yang lebih luas. Dengan penentuan media promosi yang tepat yang sesuai dengan target audiensnya, kegiatan pemasaran lebih efektif dengan narasi yang telah ditentukan sehingga tujuan promosi Nengnong dapat sesuai ekspektasi dan tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODU90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nengnong, Asinan Betawi, Identitas Visual, Media Promosi | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Dede Dwiyansyah | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:39 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14336 |
Actions (login required)
View Item |