Perancangan Komunikasi Visual Promosi Nengnong Asinan Betawi

Dwiyansyah, Dede (2023) Perancangan Komunikasi Visual Promosi Nengnong Asinan Betawi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dede Dwiyansyah_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Dede Dwiyansyah_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dede Dwiyansyah_2023_PENUTUP.pdf

Download (567kB)
[img] Image
Dede Dwiyansyah_2023_LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text
Dede Dwiyansyah_2023_LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Dede Dwiyansyah_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Nengnong Asinan Betawi merupakan badan usaha kuliner yang menawarkan produk makanan tradisional khas betawi, yakni asinan. Nengnong Asinan Betawi sudah berjalan sejak tahun 2011 yang dikelola oleh Neneng Salmiah. Nengnong mengalami kendala dalam mempromosikan produknya kepada khalayak yang lebih luas. Hal inilah yang melatarbelakangi rumusan masalah, yaitu bagaimana merancang komunikasi visual sebagai media promosi untuk meningkatkan minat pembeli pada kuliner Nengnong Asinan Betawi. Dengan tujuan untuk menciptakan perancangan media promosi untuk mengkomunikasikan visual Nengnong Asinan Betawi guna menarik minat konsumen potensial. Metode perancangan yang digunakan adalah pengumpulan data verbal dan visual guna menunjang fondasi perancangan, mulai dari buku-buku terkait, jurnal, data objek perancangan, hingga sumber kepustakaan lainnya. Data dikumpulkan memalui tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka menggunakan instrumen pengumpulan data, lalu dianalisis menggunakan metode SWOT. Melalui proses pengumpulan dan analisis data ini, terciptalah sebuah pemecahan masalah yakni identitas visual Nengnong Asinan Betawi berupa logo, ilustrasi maskot, supergrafis, serta fotografi yang saling berkesinambungan. Hal ini menciptakan harmonisasi dan menciptakan citra baik dimata konsumen potensial. Hasil yang didapat dari perancangan ini ialah, ditemukan bahwa perancangan identitas visual dan media pendukung lainnya mampu menjadi penunjang Nengnong Asinan Betawi dalam agenda promosinya kepada khalayak yang lebih luas. Dengan penentuan media promosi yang tepat yang sesuai dengan target audiensnya, kegiatan pemasaran lebih efektif dengan narasi yang telah ditentukan sehingga tujuan promosi Nengnong dapat sesuai ekspektasi dan tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dwiyansyah, Dedenim1610188124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHartono, Karnadinidn0009026502
ContributorHesti, Rahayunidn030077401
Department: KODEPRODU90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Nengnong, Asinan Betawi, Identitas Visual, Media Promosi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Dwiyansyah
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:39
Last Modified: 18 Aug 2023 03:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item