Ensembel Tiup Royal Orkestra dalam Iringan Gending Gati Langen Brangta Pada Acara Uyon-Uyon Hadiluhung di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat

Wahyuning Widiyasih, Intansari (2023) Ensembel Tiup Royal Orkestra dalam Iringan Gending Gati Langen Brangta Pada Acara Uyon-Uyon Hadiluhung di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Intansari Wahyuning Widiyasih_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Intansari Wahyuning Widiyasih_2023_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Intansari Wahyuning Widiyasih_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (950kB)
[img] Text
Intansari Wahyuning Widiyasih_2023_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Video
IMG_8041.MOV
Restricted to Repository staff only

Download (825MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Uyon-uyon Hadiluhung merupakan acara bulanan yang biasanya diselenggarakan pada malam selasa wage. Dari beberapa gending Gati, gending Gati Langen Brangta merupakan salah satu yang dimainkan untuk mengiringi kapang-kapang majeng tari Srimpi Dhendhang Sumbawa pada Uyon-uyon Hadiluhung. Penelitian ini berfokus pada analisis musik serta fungsi Ensembel Tiup Royal Orkestra dalam iringan gending Gati Langen Brangta pada acara Uyon-uyon Hadiluhung di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis musik yakni menggunakan teori dari William P. Malm yang membahas tentang analisis musik yang dibagi menjadi dua aspek yaitu aspek melodi dan aspek waktu, kemudian menggunakan teori 10 fungsi musik menurut Alan P. Merriam, dari sepuluh teori, penulis hanya menggunakan lima fungsi. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan etnomusikologis yaitu deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data meliputi studi Pustaka, observasi, dokumentasi, wawancara, dan analisis data. Berdasarkan analisis, Ensembel Tiup Royal Orkestra dalam iringan gending Gati Langen Brangta disajikan untuk mengiringi tari Srimpi Dhendhang Sumbawa. Bentuk analisis yang terdapat pada Ensembel Tiup Royal Orkestra meliputi tekstual dan kontekstual. Tekstual meliputi analisis tangga nada, nada dasar, wilayah nada, jumlah nada, jumlah interval, kontur, tempo, pola ritme, durasi. Kontekstual meliputi fungsi hiburan, ekspresi emosional, perlambangan, pengintegrasian dan presentasi estetis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wahyuning Widiyasih, Intansarinim1910712015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSudarno, Sudarnonidn0008026605
UNSPECIFIEDHaryanto, Haryantonidn0005066311
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Ensembel Tiup Royal Orkestra, Karaton, Gending Gati Langen Brangta
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Intansari Wahyuning Widiyasih
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:45
Last Modified: 22 Aug 2023 02:28
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item