Pengaruh Teknik Belting Terhadap Penguatan Makna Metafora Lirik Lagu

Belanikha, Belanikha (2023) Pengaruh Teknik Belting Terhadap Penguatan Makna Metafora Lirik Lagu. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Belanikha_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Belanikha_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Belanikha_2023_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Belanikha_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu seorang vokalis dapat memahami pengaruh teknik belting terhadap makna lirik lagu dengan salah satu contoh karya “Skyfall” oleh Adele melalui strategi penerjemahan metafora dari Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia. Masalah yang di hadapi penulis yaitu, tidak semua teks sumber yang banyak mengandung metafora bisa di interpretasikan dengan baik serta, banyaknya vokalis yang belum memahami makna lirik dan penggunaan teknik vokal yang kurang optimal dalam menerjemahkan makna lirik tersebut, sehingga dibutuhkan startegi penerjemahan melalui strategi penerjemahan metafora untuk menterjemahkannya dan menghasilkan teknik belting yang optimal. Hal tersebut dikarenakan melodi vokal yang ada pada lagu skyfall ini masuk pada register teknik belting dengan interval antara nada yang cukup signifikan penekananan pada liriknya, sehingga memerlukan penggunaan teknik vokal yang tepat. Adapun faktor primer lain yang mempengaruhi penggunaan teknik vokal ini adalah penggunaan teknik head voice, chest voice dan mix voice, teknik dasar ini dapat mempengaruhi penggunaan teknik belting dengan register suara setiap orang yang beberbeda sehingga akan berdampak pada perbedaan wilayah nada untuk mengimplementasikannya. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam meneliti teks yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Ditemukan Sembilan data dalam penelitian ini. Penelitian menggunakan sebuah lagu yang diciptakan dan dinyanyikan Adele yang juga menjadi salah satu lagu yang kental dengan teknik belting. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan lima startegi penerjemahan metafora yang dinyatakan oleh Larson menghasilkan bahwa, terdapat empat strategi penejemahan metafora yang digunakan. strategi yang paling banyak digunakan yaitu strategi penerjemahan menerjemahkan metafora menjadi ekspresi non-figuratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Belanikha, Belanikhanim18001820134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTika Setiarini, Agnesnidn0004019106
ContributorBagus Prakosa, Mardiannidn0027089105
Department: KODEPRODI91321#D4 PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Teknik Belting, Lirik Lagu, Terjemahan metafora, Strategi penerjemahan, Lagu Skyfall – Adele Adkins.
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Belanikha Belanikha
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:16
Last Modified: 31 Jul 2023 01:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item