Proses Pembelajaran Kreasi Musik Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila (P3) Di SMP Muhammadiyah Srandakan Bantul

Rayhan Firdaus, Azka (2023) Proses Pembelajaran Kreasi Musik Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila (P3) Di SMP Muhammadiyah Srandakan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Azka Rayhan Firdaus_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Azka Rayhan Firdaus_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Azka Rayhan Firdaus_2023_BAB V.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Azka Rayhan Firdaus_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Minimnya kegiatan tatap muka pembelajaran pada pandemi Covid 19 lalu, semakin melunturkan kepekaan siswa terhadap lingkungan sosialnya. Kepekaan terhadap lingkungan sosial menjadi salah satu urgensi pembentukan karakter siswa yang dibutuhkan saat ini. Di era endemi ini, Kemendikbudristek tengah berupaya memulihkan kembali sistem pendidikan karakter Indonesia dengan mengarahkan semua satuan pendidikan dari tingkat dasar sampai menengah untuk mewujudkan karakter “Profil Pelajar Pancasila (P3)” di sekolah. P3 sendiri berarti Profil Pelajar Indonesia yang berkompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai – nilai Pancasila. Perwujudan P3 di sekolah perlu didukung dengan kegiatan penguatan atau proyek yang dapat mengarahkan siswa pada hal – hal baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hal – hal baik yang didapatkan dari proses pembelajaran kreasi musik yang dimanfaatkan sebagai sarana pembentuk karakter P3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, guna mendeskripsikan segala tahapan yang dilakukan selama proses berkreasi musik. Pembelajaran kreasi musik tersebut dilakukan di SMP Muhammadiyah Srandakan Bantul secara langsung oleh peneliti bersama siswa. Berdasarkan pengamatan dan dokumentasi yang dilakukan dalam 9 kali pertemuan ditemukan beberapa dimensi penting P3, yaitu dimensi gotong – royong, bernalar kritis, dan kreatif selama proses pembelajaran kreasi musik berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa kreasi musik memberikan dampak signifikan terhadap pembentukan karakter siswa yang semakin peka terhadap lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rayhan Firdaus, Azkanim19101840131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGathut Bintarto Triprasetyo, Antoniusnidn0004097406
ContributorDona Hapsari, Primanidn0008127701
Department: KODEPRODI91221# MUSIK
Uncontrolled Keywords: kreasi musik, pembentukan karakter, profil pelajar pancasila
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Azka Rayhan Firdaus
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:09
Last Modified: 31 Jul 2023 01:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item