Analisis Unsur Sinematik Yang Mendukung Penerapan Teknik Breaking The Fourth Wall Dalam Membangun Comedy Pada Film "Deadpool"

Immanuel, Kevin (2023) Analisis Unsur Sinematik Yang Mendukung Penerapan Teknik Breaking The Fourth Wall Dalam Membangun Comedy Pada Film "Deadpool". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
KEVIN IMMANUEL_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
KEVIN IMMANUEL_2023_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KEVIN IMMANUEL_2023_BAB V.pdf

Download (567kB)
[img] Text
KEVIN IMMANUEL_2023_FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Film “Deadpool” merupakan film superhero yang dikemas berbeda dari film genre superhero lainnya. Pada umumnya film genre superhero lebih banyak menampilkan aksi heroik dari karakter utama, sedangkan film “Deadpool” memiliki ciri khas tersendiri dalam menampilkan adegan aksi di filmnya. Ciri khas tersebut terdapat pada karakter Deadpool yang sering kali melakukan Breaking the fourth wall di hampir sepanjang filmnya. Penggunaan Breaking the fourth wall tersebut dikombinasikan dengan unsur sinematik, seperti; Sinematografi, Mise en Scene, suara dan editing. Breaking the fourth wall bertujuan untuk menciptakan efek humor dan keterlibatan emosional yang lebih besar dengan penonton melalui dialog dan humor yang disampaikan oleh Deadpool. Penelitian ini dikaji dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengindentifikasi unsur sinematik yang mendukung penerapan Breaking the fourth wall ditinjau dari aspek sinematografi, Mise en Scene, suara dan editing. Tahap selanjutnya menganalisis alasan penerapan teknik Breaking the fourth wall pada film "Deadpool”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Breaking the fourth wall pada film “Deadpool” dapat dicapai melalui kombinasi berbagai teknik sinematik seperti: Angle, Type of shot, Movement kamera, akting, properti, voice over, dialog, musik, freeze frame, grafis, cutaway, dan juga transisi. Penerapan teknik Breaking the fourth wall digunakan untuk membangun comedy dengan kombinasi unsur-unsur sinematik dan teknik comedy satire dan parodi pada film “Deadpool” sehingga berhasil menciptakan keterlibatan secara langsung dan menghibur bagi penontonnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Immanuel, Kevinnim1911019032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMustikawati, Retnonidn0011107704
ContributorDwi Nugroho, Agustinusnidn0027089005
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: sinematik, breaking the fourth wall, comedy, dan deadpool
Subjects: Televisi > Animasi
Depositing User: Kevin Immanuel
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:24
Last Modified: 07 Aug 2023 03:34
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item