Kisah Hidup Keluarga Transmigran Pada Konflik Maluku Dalam Film Dokumenter "Memories Of Moluccas" Dengan Gaya Interaktif

Panji Kumoro, Risang (2023) Kisah Hidup Keluarga Transmigran Pada Konflik Maluku Dalam Film Dokumenter "Memories Of Moluccas" Dengan Gaya Interaktif. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Risang Panji Kumoro_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Risang Panji Kumoro_2023_BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Risang Panji Kumoro_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Image
maxresdefault.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
Risang Panji Kumoro_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://youtu.be/AhKHsC0MIf0

Abstract

Film dokumenter Memories Of Moluccas menceritakan tentang keluarga transmigran Maluku yang memilih kembali pulang pada saat terjadinya konflik Maluku. Setelah selang 23 tahun pasca kepulangan, seorang anak pasangan transmigran melakukan perjalanan kembali mencari tanah kelahiran dan lokasi transmigrasi. Namun setelah melakukan proses pencarian, ditemukan bahwa hak milik tanah transmigrasi yang dimiliki keluarga tersebut telah diambil tanpa sepengetahuan pemiliki tanah yang asli.Film dokumenter Memories Of Moluccas diproduksi dengan menggunakan konsep gaya interaktif. Gaya ini mengedepankan komunikasi terhadap subjek lain yang menampilkan pembuat film ke dalam layar (in frame). Pembuat film menjadi lebih aktif dan memperlihatkan interaksi adegan wawancara yang dilakukan secara langsung. Gaya ini mengetengahkan realita visual secara sederhana dan apa adanya, sehingga pembuat film dapat melakukan intervensi terhadap subjek lain. Dari intervensi dan spontanitas yang dibuat, pembuat film dapat menyelam lebih dalam terhadap peristiwa yang terjadi.Penciptaan Film dokumenter Memories Of Moluccas sangat cocok diterapkan dengan menggunakan gaya interaktif. Karena pada dasarnya permasalahan yang diangkat merupakan isu personal yang dialami oleh pembuat film dan keluarganya. Pembuat film menempatkan diri sebagai penggerak cerita ketika mencari tahu latar belakang program transmigrasi dan konflik Maluku dengan menerapkan gaya interaktif sebagai cara untuk menggali informasi tentang proses pencarian tanah kelahiran dan hak milik lokasi transmigrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Panji Kumoro, Risangnim1810952032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMulyaningsih, Endangnidn0009026906
ContributorRahman Hakim, Latiefnidn0014057902
Department: KODEPRODI9126#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Film Dokumenter, Gaya Interaktif, Transmigrasi, Konflik Maluku
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Risang Panji Kumoro
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:09
Last Modified: 01 Aug 2023 06:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item