“City branding " Kota Singkawang melalui festival Cap Go Meh

Riansyah, Riansyah (2023) “City branding " Kota Singkawang melalui festival Cap Go Meh. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
RIANSYAH_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
RIANSYAH_2023_BAB I.pdf

Download (932kB)
[img] Text
RIANSYAH_2023_BAB V.pdf

Download (679kB)
[img] Text
RIANSYAH_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas "City Branding" kota Singkawang melalui Festival Cap Go Meh dalam meningkatkan pariwisata kota tersebut dari perspektif City Branding. Kota Singkawang memiliki daya tarik pariwisata yang unik, dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Festival Cap Go Meh membantu membangun citra positif Kota Singkawang dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, serta analisis dokumen atau literatur yang berkaitan dengan pariwisata dan City Branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Festival Cap Go Meh memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan pariwisata Kota Singkawang. Melalui City Branding, festival ini membantu memperkuat identitas Kota Singkawang sebagai pusat budaya Tionghoa yang kaya akan warisan dan tradisi. Dampak dari festival ini terlihat dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang selama periode festival. Keberhasilan dari Festival Cap Go Meh sebagai acara rutin tahunan dan menarik telah memberikan dampak terhadap bidang ekonomi yang positif bagi masyarakat serta meningkatnya pendapatan dari sektor pariwisata dan UMKM di Kota Singkawang.Secara kesimpulan, Festival Cap Go Meh memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pariwisata Kota Singkawang dan memperkuat citra positif kota tersebut sebagai tujuan wisata budaya yang menarik, melalui efektivitas "City Branding" kota Singkawang yang berhasil dibangun melalui festival ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Riansyah, Riansyahnim 2120206420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDEko Prabowo, T. Handononidn0511086401
UNSPECIFIEDYuliadi, Koesnidn0022076805
UNSPECIFIEDTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
Department: KODEPRODI91102# TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Festival, Cap Go Meh, City Branding, Budaya, Pariwisata
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Riansyah Riansyah
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:06
Last Modified: 02 Aug 2023 06:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14590

Actions (login required)

View Item View Item