Analisis Sosiologi Model Maria Shevtsova Pertunjukan Teater Tubuh Ketiga Pada perayaan Yang Berada Diantara Sutradara Yudi Ahmad Tajudin Teater Garasi Yogyakarta

Daris Arhan, Zaki (2023) Analisis Sosiologi Model Maria Shevtsova Pertunjukan Teater Tubuh Ketiga Pada perayaan Yang Berada Diantara Sutradara Yudi Ahmad Tajudin Teater Garasi Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Surat publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Kebudayaan Indonesia bisa dilihat sebagai kebudayaan di antara entitas kebudayaan yang tak tumbuh dari satu definisi atau identitas saja, tetapi tersusun dari pertemuan, tawar menawar,dan percampuran budaya-budaya berbeda yang masuk ke dalam masyarakatnya. Kebudayaan Indonesia tidak pernah tinggal di dalam satu ruang kebudayaan tertentu yang spesifik dengan tegas dan tajam berbeda dengan kebudayaan tertentu lainya. Dari fenomena tersebut memiliki unsur interkulture lebih dari itu, hal tersebut menimbulkan masalah sosial yang ada dalam masyarakatnya. Pertunjukan Tubuh Ketiga sebagai metafora suatu istilah sementara dan lentur yang berupaya menangkap sesuatu yang sesunguhnya merupakan lingkungan peristiwa. Dari latar belakang tersebut, pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu 1. Bagaimana unsur-unsur teater yang terdapat dalam pertunjukan tubuh ketiga karya sutradara Yudi Ahmad Tajudin teater garasi Yogyakarta. 2. Bagaimana hubungan pertunjukan Tubuh Ketiga karya sutradara Yudi Ahmad Tajudin teater garasi Yogyakarta dengan kondisi sosial masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif content analysis, metode yang dikembangkan secara khusus untukk meneliti fenomena simbolik dengan tujuan untukk menggali dan mengungkapkan fenomena lain yang teramati. Teori yang digunakan pendekatan sosiologi teater yang dikemukakan Maria Shvtsova studi pertunjukan teater. Pertunjukan Tubuh ketiga merupakan bentuk interkulture yang ada dalam masyarakatnya lebih dari itu menimbulkan masalah sosial yang kurang baik. Hasil dari pembahasan diatas bahwa interkulture yang telah ada mampu menciptakan karya seni yang bersifat elaborasi tanpa menggerus sosial yang ada dalam masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Daris Arhan, Zakinim1911000014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPurwanto, Purwantonidn0003026504
ContributorSahid, Nurnidn0008026208
Department: KODEPRODI364005#SENI TEATER
Uncontrolled Keywords: Interkulture,Kebudayaan,Pertunjukan
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: Zaki Daris Arhan
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:23
Last Modified: 02 Aug 2023 01:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item