Gilang Aditya Murti, 1012010024 (2016) Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Tentang Unsur Bentuk Karakteristik Candi Borobudur Dan Candi Prambanan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL gilang.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya raya akan kekayaan alam dan budaya. Salah satunya adalah bangunan-bangunan kebudayaan agama dari zaman dulu yang telah sampai pada zaman kita sekarang, disebut dengan candi. Bangunan tersebut sangat di sakralkan, karena adalah tempat untuk memuliakan orang-orang tertentu yang telah wafat. Perancangan kali ini akan membahas board game (permainan papan) sebagai media edukasi tentang unsur bentuk karekteristik candi Borobudur dan candi Prambanan, yang komunikatif dan informatif kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda Indonesia. karena generasi muda saat ini cenderung belum terlalu dekat mengenal aset budaya dan peninggalan sejarah candi Indonesia. Selain karena kurangnya materi, metode serta media yang tepat dalam penyampaian pada lingkungan pendidikan dan masyarakat, media pengenalan berupa board game dipilih karena diperkirakan menjadi media yang tepat untuk menuntun proses belajar dan pengenalan melalui permainan yang menyenangkan, dimana dalam proses penyampaian dan pemahaman sebuah konten dapat diterima oleh setiap pemainnya secara alami bahkan tanpa mereka sadari. Terlebih lagi selama proses bermain audiens tidak merasa tertekan saat melakukannya. Perancangan board game ini berjudul “Temple battle” menerapkan genre battle strategy yang dipadukan dengan konsep candi. Dari format dan sistem board game ini setiap pemain akan terlibat komunikasi dan interaksi intens bersama pemain lainnya, serta setiap pemain akan mengetahui unsur-unsur karakteristik candi Borobudur dan candi Prambanan melalui objektif utama permainan yang terdapat pada setiap kartu-kartunya yang akan menampilkan bentuk-bentuk visual dari objek candi disertai nama dan deskripsi singkat dari objek yang ditampilkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Indiria Maharsi, Terra Bajraghosa | ||||
Uncontrolled Keywords: | Board game, Edukasi, candi Borobudur, candi Prambanan | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | ||||
Date Deposited: | 27 Mar 2017 02:14 | ||||
Last Modified: | 27 Mar 2017 02:14 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
View Item |