Aturan Hidup Nabila Sebagai Perempuan Penganut Manhaj Salafiyah Pada Penciptaan Program Dokumenter Televisi Berjudul “Dekat Melihat” Dengan Genre Potret Episode: “Ummu Khaleel”

Dwi Rahma Kusuma, Erfinda (2023) Aturan Hidup Nabila Sebagai Perempuan Penganut Manhaj Salafiyah Pada Penciptaan Program Dokumenter Televisi Berjudul “Dekat Melihat” Dengan Genre Potret Episode: “Ummu Khaleel”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ERFINDA DWI RAHMA KUSUMA _2023_BAB 1.pdf

Download (683kB)
[img] Text
ERFINDA DWI RAHMA KUSUMA _2023_PENUTUP.pdf

Download (257kB)
[img] Text
ERFINDA DWI RAHMA KUSUMA _2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGGUgZShlMA8=&rs=AOn4CLCb5iKyeR2G3Ud3gb4bQKfbkXzKEA
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_Erfinda Dwi R.K._2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Video
LAMPIRAN.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (55MB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=gjtre8jbSOc

Abstract

ABSTRAK Program dokumenter televisi “Dekat Melihat” memiliki konsep utama memaparkan profil atau potret dari setiap narasumber yang memiliki cerita hidup gagasan atau pikiran dan prinsip yang dapat menjadi perhatian atau memunculkan obrolan di masyarakat. Episode Ummu Khaleel akan mengangkat tema tentang aturan yang ada pada Manhaj Salafiyah. Manhaj salafiyah merupakan salah satu manhaj dalam agama Islam yang mengajarkan syariat Islam secara murni tanpa adanya tambahan dan pengurangan sesuai dengan syariat yang ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, para Sahabat sampai murid dari murid sahabat. Orang-orang yang menganut manhaj salafiyah dikenal sebagai pengikut salaf atau sunnah. Salaf atau sunnah memiliki banyak aturan yang harus dipatuhi oleh pengikutnya, dalam hal ini khususnya perempuan. Genre potret di pilih karena penyajian program ini akan berfokus pada sisi menarik seorang tokoh dan peristiwa yang ada di kehidupannya. Aspek human interest pada diri Nabila atau biasa di sebut Ummu Khaleel menjadi alasan utama dalam pemilihan narasumber. Nabila sebagai narasumber yang memiliki background bukanlah pengikut salaf sejak lahir, sehingga banyak proses dan peristiwa menarik selama ia mengenal salaf. Episode Ummu Khaleel akan menceritakan tentang bagaimana sudut pandang wanita salaf yaitu Nabila menjalani kehidupannya di tengah banyak aturan yang ia jalani, memotret pemikiran-pemikiran Nabila tentang bagaimana prinsip kehidupan yang ia jalani saat ini. Hal itu diceritakan dalam keseharian Nabila. Proses Nabila menerima dan mengenal mengenal salaf tentu tidak mudah karena di dalamnya terdapat banyak peristiwa menarik seperti culture shock sampai konflik dari orang sekitarnya. Nabila memilih Manhaj Salafiyah karena pada akhirnya ia menemukan tujuan hidup yang selama ini ia cari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dwi Rahma Kusuma, Erfindanim1610147132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArum Retnowati, Dyahnidn0030047102
ContributorArya Dhipayana, Gregoriusnidn0021088203
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Manhaj Salafiyah, Penyutradaraan, Program Dokumenter Televisi, Genre Potret
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Erfinda Dwi Rham Kusuma
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:25
Last Modified: 02 Aug 2023 06:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item