Gambang kromong : evolusi dan ekosistem dalam industri budaya pada pesta perkawinan masyarakat Cina Benteng Tangerang Banten

Lidiana, Dian (2023) Gambang kromong : evolusi dan ekosistem dalam industri budaya pada pesta perkawinan masyarakat Cina Benteng Tangerang Banten. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dian Lidiana_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Dian Lidiana_2023_BAB I.pdf

Download (779kB)
[img] Text
Dian Lidiana_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Dian Lidiana_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Gambang Kromong sebagai bagian dari budaya milik masyarakat Cina Benteng mengalami evolusi. Sejak dahulu musik Gambang Kromong sudah menjadi bagian dari ekosistem pesta perkawinan Cina Benteng. Sejalan dengan perubahan yang terjadi pada bentuk ansambel ini banyak dipengaruhi oleh perubahan dari masyarakatnya itu sendiri. Tanpa disadari bentuk ansambel ini berkembang baik dari segi alat musik, gaya musik dan fungsi dalam pesta perkawinan. Budaya ini terus dipertahankan oleh masyarakat pendukungnya dan membentuk sebuah industri budaya yang berkembang sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk membahas evolusi musik Gambang Kromong pada perkawinan masyarakat Cina Benteng, menjelaskan ekosistem pada pesta perkawinan tersebut, serta menjelaskan Gambang Kromong dalam pesta perkawinan masyarakat Cina benteng menjadi sebuah industri budaya. Teori yang digunakan dalam penleitian ini antara lain adalah teori evolusi, ekosistem, dan industri budaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatisf deskriptif dengan pendekatan ekosistem. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa evolusi Gambang Kromong terdiri dari empat fase, yaitu fase kemunculan, fase perpaduan, fase modernisasi, dan fase postmodern. Komponen dalam ekosistem pest perkawinan masyarakat Cina Benteng memiliki hubungan timbal balik yang saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya. Gambang Kromong memiliki sistem tata kelola yang sederhana yang merujuk pada industri budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Lidiana, Diannim2120212420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHarsanto, Prayanto Widyonidn0011026307
Department: KODEPRODI91102#TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: Evolusi Gambang Kromong, Cina Benteng, Ekosistem Perkawinan
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Dian Lidiana
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:52
Last Modified: 02 Aug 2023 07:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14621

Actions (login required)

View Item View Item