Penerapan Pacing untuk Membangun Visual Comedy dalam Penyutradaraan Film Fiksi "YATI"

Dewa Purnama, Arfiyan (2023) Penerapan Pacing untuk Membangun Visual Comedy dalam Penyutradaraan Film Fiksi "YATI". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Arfiyan Dewa Purnama_2023_FullText.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Arfiyan Dewa Purnama_2023_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arfiyan Dewa Purnama_2023_BAB 6.pdf

Download (270kB)
[img] Video
Arfiyan Dewa Purnama_2023_Lampiran Trailer Film YATI.mov
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
Arfiyan Dewa Purnama_2023_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=Wkmf41VM9t8

Abstract

Film Yati merupakan film tentang kekuatan emak-emak di Indonesia, berikut adalah penerapan sebuah Pacing untuk membangun visual comey. Pacing adalah sebuah tempo yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi detak jantung penonton, pacing banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan di dalam berbagai film. Pada film Yati menggunakan penerapan pacing untuk membangun gaya visual comedy sehingga di dalam film Yati dapat diperlihatkan bahwa penerapan pacing dapat membangun sebuah gaya film tersendiri. Berikut ini adalah teknik-teknik penerapan pacing ; Penerapan Objek Diam lalu Bergerak, Objek Bergerak, Camera Movement, dan juga Ritme pada Editing. Penerapan pacing yang dirancang untuk membangun visual comedy yaitu gaya film pantomim atau membangun komedi tanpa dialog. Untuk membangun film dengan visual comedy ialah dengan penerapan unsur space, line, shape, tone, color, camera movement, dan editing. dan pacing bertujuan untuk membantu membangun suasana komedi seperti mempengaruhi pergerakan tokoh di dalam frame (Objek Diam lalu Bergerak), penambahan visual effect di dalam film, penyempitan aspect ratio (Objek Bergerak), pergerakan kamera, dan ritme pada editing untuk mempertajam punchline. Mewujudkan film Yati merupakan tantangan yang memacu kreatifitas, kunci dalam mewujudkan film dengan gaya ini adalah bagaimana mencipkan situasi komedi tanpa dialog dengan menggunakan Objek Diam lalu Bergerak, Objek Bergerak, Camera Movement, dan juga Ritme pada Editing. Visual comedy akan mempengaruhi pra-produksi, produksi, hingga paska produksi, karena penerapan Objek Diam lalu bergerak dapat dibangun melewati pergerakan talent, hingga pergerakan kamera, Objek bergerak dapat diterapkan pada pergerakan tokoh, hingga visual effect. Penerapan berbagai Camera Movement seperti panning, tilting, track in, hingga zoom in untuk membangun komedi, dan ritme pada Editing untuk membangun komedi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dewa Purnama, Arfiyannim1610152132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArya Dhipayana, Gregoriusnidn0021088203
ContributorSetyawan, Deddynidn0029077603
Department: KODEPRODI91261# TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Pacing, Visual Comedy, Objek Bergerak, Objek Diam lalu Bergerak, Camera Movement, Editing, Punch Line.
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: ARFIYAN DEWA PURNAMA
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:26
Last Modified: 04 Aug 2023 06:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item