Ikhsan, Muhammad (2023) Lague Tari Piriang Talempong Pacik Dalam Upacara Baralek Di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Sumatera Barat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Muhammad Ikhsan_2023_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Ikhsan_2023_BAB 1.pdf Download (5MB) |
|
Text
Muhammad Ikhsan_2023_BAB V (PENUTUP).pdf Download (3MB) |
|
Text
Muhammad Ikhsan_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Ikhsan_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
Abstract
Talempong pacik merupakan jenis alat musik tradisional Minangkabau yang sangat merakyat dalam kehidupan masyarakat khususnya di Nagari Batu Bajanjang. Setiap nagari memiliki lagu talempong pacik dengan ciri khasnya masing-masing seperti lague tari piriang yang ada di Nagari Batu Bajanjang. Lague tari piriang merupakan musik iringan tari piriang yang selalu dimainkan oleh seniman Nagari Batu Bajanjang dalam upacara baralek. Penelitian ini membahas tentang bentuk penyajian dan fungsi lague tari piriang dalam upacara baralek. Teori yang digunakan adalah teori Djelantik yaitu teori bentuk penyajian dan teori 10 fungsi musik oleh Alan P. Merriam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Etnomusikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Pendekatan Etnomusikologis merupakan cara untuk melihat sebuah fenomena musikal dalam ruang lingkup Etnomusikologi. Tidak hanya mengenai musik (tekstual) saja, namun juga membahas seluruh aspek kebudayaan yang berkaitan dengan musik yang diteliti (kontekstual). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lague tari piriang dimainkan dengan tempo cepat dengan ketukan 4/4. Penyajian lague tari piriang dimainkan dengan pola permainan talempong pacik yang khas yaitu saling kunci mengunci (interlocking), dan pola dangdut dari gandang yang memberikan suasana baralek semakin meriah dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemusik maupun bagi penari. Pola permainannya tidak terlalu rumit sehingga lague tari piriang menjadi lagu yang populer dimainkan dalam upacara baralek di Nagari Batu Bajanjang. Sebagai musik iringan tari piriang, lague tari piriang berfungsi sebagai media hiburan, media komunikasi, dan kesinambungan budaya dalam masyarakat Nagari Batu Bajanjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91021#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | talempong pacik, lague tari piriang, baralek | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Ikhsan | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:12 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14706 |
Actions (login required)
View Item |