Eksistensi Acting Class Di Ocig Studio Dalam Penyutradaraan Film Dokumenter “Floating In The Body” Dengan Gaya Expository

Muzakky Ahmad, Fuad (2023) Eksistensi Acting Class Di Ocig Studio Dalam Penyutradaraan Film Dokumenter “Floating In The Body” Dengan Gaya Expository. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Fuad Muzakky Ahmad_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46MB) | Request a copy
[img] Text
Fuad Muzakky Ahmad_2023_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fuad Muzakky Ahmad_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (764kB)
[img] Text
Fuad Muzakky Ahmad_2023_LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
Fuad Muzakky Ahmad_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (116kB)
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=uQeaxvTj_MY

Abstract

OCIG Studio yang berdiri secara tidak sengaja membuahkan gagasan unik untuk meregenerasi keaktoran film di D.I Yogyakarta yang membuat Ibnu Widodo bersama kawan-kawan bereksistensi selama Acting Class OCIG Studio berjalan. Banyak medium untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi oleh Acting Class OCIG Studio, salah satunya menggunakan film dokumenter. Mengambil kenyataan-kenyataan objektif sebagai bahan utama namun diceritakan kembali melalui sudut pandang pembuatnya dengan menempatkan fokus penceritaan pada komentar verbal dan logika argumentatif. Judul karya diberi nama “Floating in the Body” untuk merepresentasikan situasi sulit yang mengharuskan Acting Class OCIG Studio menentukan pilihan atas apa yang telah dijiwai dan dibutuhkan yakni keaktoran dan regenerasi keaktoran. Tulisan ini bertujuan untuk menampilkan eksistensi Acting Class OCIG Studio sebagai program regenerasi keaktoran film di D.I Yogyakarta. Dengan gaya Expository, filmmaker berusaha memaparkan dan mengelompokkan permasalahan yang kerap kali muncul seiring berjalannya proses penempaan aktor cilik. Film ini hendak menguji seberapa jauh gaya Expository diterapkan pada Acting Class OCIG Studio yang diwakilkan oleh Ibnu Widodo, Kurniawan Hasnajaya, dan Nunung Deni Puspitasari. Acting Class OCIG Studio yang diwakilkan oleh Ibnu Widodo, Kurniawan Hasnajaya, dan Nunung Deni Puspitasari sangat cocok disutradarai menggunakan gaya Expository. Pemaparan permasalahan-permasalahan yang muncul tanpa disadari dan kerap menjadi pola seiring berjalannya Acting Class OCIG Studio lewat komentar verbal dan logika argumentatif. Mengelompokkan ke beberapa tema yang mengesampingkan faktor waktu dan menempatkan sebab-akibat pengambilan keputusan dan tindakan sehingga terbentuknya plot-driven.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Muzakky Ahmad, Fuadnim1610137132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMustikawati, Retnonidn0011107704
ContributorJanu Haryono, Antoniusnidn0020018807
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Expository, Acting Class OCIG Studio
Subjects: Audio Visual
Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: FUAD MUZAKKY AHMAD
Date Deposited: 06 Aug 2023 12:57
Last Modified: 08 Aug 2023 08:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item View Item