Fredika Saputra, Theo (2023) Perancangan Card Game sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus Untuk Remaja Awal. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_BAB I.pdf Download (875kB) |
|
Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_BAB V.pdf Download (280kB) |
|
Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_KARYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang paling banyak dituturkan di Indonesia. Meskipun demikian, ragam bahasa Jawa krama semakin terancam kelestariannya. Berbagai penelitian menunjukkan penurunan kualitas dan kuantitas penutur bahasa Jawa krama di daerah penutur bahasa Jawa, khususnya pada generasi muda. Keberlangsungan ragam bahasa krama menjadi penting, tidak hanya sebagai salah satu warisan budaya, namun juga sebagai salah satu cara bagi generasi muda untuk belajar unggah-ungguh atau sopan santun kepada orang tua. Faktor-faktor yang melatarbelakangi menurunnya penggunaan bahasa Jawa krama beragam, mulai dari keluarga dan lingkungan yang tidak membiasakan anak untuk berbahasa krama, anak yang takut salah ketika menggunakan bahasa krama, adanya anggapan bahwa bahasa krama sukar dipelajari, hingga kurangnya pilihan media pembelajaran bahasa krama yang menarik. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode analisis 5W+1H. Metode ini dinilai dapat memetakan data secara rinci dan tepat sasaran. Tahapan yang dilakukan dalam perancangan ini terdiri dari penyusunan ide, pengumpulan data, identifikasi dan analisis data, rough layout, gambar ilustrasi, tata letak, uji coba permainan pada target perancangan, revisi, dan finishing. Card game menjadi media yang dianggap sesuai dalam menjawab permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Jawa krama untuk remaja awal. Card game “Uri-Uri” memungkinkan adanya partisipasi aktif, baik antar pembelajar maupun antara pembelajar dan pengajar, memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk berlatih langsung mengucapkan kata-kata yang ada yang ditemui selama permainan berlangsung dengan pembelajar lainnya, serta dapat menyesuaikan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan masing-masing pembelajar. Hasil perancangan berupa card game “Uri-Uri” yang terdiri dari 56 kata kerja yang biasa digunakan sehari-hari oleh target perancangan. Card game “Uri-Uri” dimaksudkan untuk melatih remaja untuk menggunakan bahasa Jawa krama ketika berkomunikasi dengan orang tua. Karena sifat card game yang praktis, portabel, dan relatif terjangkau, pembelajaran dengan card game dapat digunakan untuk sekolah, komunitas belajar, hingga sebagai media rekreasi-edukasi dalam keluarga. Perancangan card game media pembelajaran bahasa Jawa krama bagi remaja awal ini dimaksudkan untuk membantu remaja awal dalam memperluas kosakata bahasa Jawa krama sehingga remaja dapat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa Jawa yang tepat, yakni bahasa Jawa krama
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | card game, budaya, bahasa, Jawa, desain game | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Theo Fredika Saputra | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 01:05 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14784 |
Actions (login required)
View Item |