Perancangan Card Game sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus Untuk Remaja Awal

Fredika Saputra, Theo (2023) Perancangan Card Game sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus Untuk Remaja Awal. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_BAB I.pdf

Download (875kB)
[img] Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
THEO FREDIKA SAPUTRA_2023_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang paling banyak dituturkan di Indonesia. Meskipun demikian, ragam bahasa Jawa krama semakin terancam kelestariannya. Berbagai penelitian menunjukkan penurunan kualitas dan kuantitas penutur bahasa Jawa krama di daerah penutur bahasa Jawa, khususnya pada generasi muda. Keberlangsungan ragam bahasa krama menjadi penting, tidak hanya sebagai salah satu warisan budaya, namun juga sebagai salah satu cara bagi generasi muda untuk belajar unggah-ungguh atau sopan santun kepada orang tua. Faktor-faktor yang melatarbelakangi menurunnya penggunaan bahasa Jawa krama beragam, mulai dari keluarga dan lingkungan yang tidak membiasakan anak untuk berbahasa krama, anak yang takut salah ketika menggunakan bahasa krama, adanya anggapan bahwa bahasa krama sukar dipelajari, hingga kurangnya pilihan media pembelajaran bahasa krama yang menarik. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode analisis 5W+1H. Metode ini dinilai dapat memetakan data secara rinci dan tepat sasaran. Tahapan yang dilakukan dalam perancangan ini terdiri dari penyusunan ide, pengumpulan data, identifikasi dan analisis data, rough layout, gambar ilustrasi, tata letak, uji coba permainan pada target perancangan, revisi, dan finishing. Card game menjadi media yang dianggap sesuai dalam menjawab permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Jawa krama untuk remaja awal. Card game “Uri-Uri” memungkinkan adanya partisipasi aktif, baik antar pembelajar maupun antara pembelajar dan pengajar, memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk berlatih langsung mengucapkan kata-kata yang ada yang ditemui selama permainan berlangsung dengan pembelajar lainnya, serta dapat menyesuaikan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan masing-masing pembelajar. Hasil perancangan berupa card game “Uri-Uri” yang terdiri dari 56 kata kerja yang biasa digunakan sehari-hari oleh target perancangan. Card game “Uri-Uri” dimaksudkan untuk melatih remaja untuk menggunakan bahasa Jawa krama ketika berkomunikasi dengan orang tua. Karena sifat card game yang praktis, portabel, dan relatif terjangkau, pembelajaran dengan card game dapat digunakan untuk sekolah, komunitas belajar, hingga sebagai media rekreasi-edukasi dalam keluarga. Perancangan card game media pembelajaran bahasa Jawa krama bagi remaja awal ini dimaksudkan untuk membantu remaja awal dalam memperluas kosakata bahasa Jawa krama sehingga remaja dapat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa Jawa yang tepat, yakni bahasa Jawa krama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fredika Saputra, Theonim1812513024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorAyu Dewantari, Alitnidn0013068909
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: card game, budaya, bahasa, Jawa, desain game
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Theo Fredika Saputra
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:05
Last Modified: 08 Aug 2023 01:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item