Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun

Antonius DitoWicaksono, 0911898024 (2016) Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab 1 Antonius Dito W.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
Bab 2 Antonius D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Antonius.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Antonius D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5 Antonius D.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal TA Antonius Dito W.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Video
KAMPANYE SOSIAL JAGA ANAK ANDA BUKAN GADGETNYA (720).mp4
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi terutama gadget sangatlah pesat dan cepat. Berbagai kalangan usia dapat menggunakan gadget untuk memperoleh segala informasi, apalagi dengan adanya internet yang dapat diakses melalui gadget tersebut. Termasuk kalangan remaja yang memiliki kisaran usia 11-16 tahun. Namun, perkembangan itu tidak disertai dengan pemahaman orang tua tentang pengawasan yang baik pada penggunaan gadget anaknya terutama pada pengawasan konten-konten internet yang mengandung unsur pornografi dan kekerasan.Akibatnya banyak kasus sosial yang terjadi terutama di Indonesia akibat imbas dari kurangnya pengawasan orang tua pada penggunaan gadget anaknya tersebut.Perancangan kampanye sosial, merupakan salah satu cara untuk berperan aktif dalam membangun kesadaran orang tua dalam pengawasan pada penggunaan gadget anak mereka. Perancangan dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kepada target audience,baik melalui kuesioner maupun wawancara langsung agar pemilihan media penyampaian pesan dapat tepat sasaran. Dari hasil analisis yang dilakuan dipilihlah media penyampaian yang tepat berupa iklan layanan masyarakat berdurasi 30-50 detik yang kemudian menjadi media utama dalam penyampaian pesan. Iklan layanan masyarakat ini akan menyasar penayangan melalui giant screen di beberapa titik strategis di kota Yogyakarta, ini dirasa tepat karena giant screen memiliki daya tarik lebih dan dapat dilihat oleh khalayak luas. Selain itu pesan dapat tersampaikan melalui iklan dengan durasi singkat yang memanfaatkan waktu luang yang dimiliki audiencesaat bermobilitas. Melalui iklan layanan masyarakat ini, tujuan dari kampanye sosial dapat terkomunikasikan dengan baik dan mencakup banyak audience.Dengan gaya visual yang mengambil genre film drama yang memiliki ciri menunjukan kisah dengan seting kehidupan nyata, tujuan dari kampanye sosial untuk menumbuhkan kesadaran target audience dapat terwujud dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Antonius DitoWicaksono, 0911898024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Hesti Rahayu, M. Faizal Rochman
Uncontrolled Keywords: Kampanye sosial, iklan layanan masyarakat, teknologi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 29 Mar 2017 06:07
Last Modified: 29 Mar 2017 06:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item