Penerapan Eight Classic Center of Motivation Untuk Mengembangkan Karakter Protagonis Dengan Struktur Tiga Babak Pada Penciptaan Skenario Film FIksi "Mundane Things"

Nusantara, Guruh (2023) Penerapan Eight Classic Center of Motivation Untuk Mengembangkan Karakter Protagonis Dengan Struktur Tiga Babak Pada Penciptaan Skenario Film FIksi "Mundane Things". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Guruh Nusantara_2023_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB) | Request a copy
[img] Text
Guruh Nusantara_2023_BAB 1.pdf

Download (884kB)
[img] Text
Guruh Nusantara_BAB PENUTUP.pdf

Download (643kB)
[img] Text
Guruh Nusantara_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB) | Request a copy
[img] Text
Guruh Nusantara_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
Guruh Nusantara_2023_KARYA SKENARIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Eight Classic Center of Motivation diterapkan untuk mengembangkan karakter protagonis dalam struktur tiga babak pada skenario film fiksi Mundane Things. Eight Classic Center of Motivation merupakan fokus dari konsentrasi fisik, psikologis, dan filosofis yang mempengaruhi dan merespon cara karakter bertindak, merasa, dan berpikir. Eight Classic Center Of Motivation menentukan dorongan batin karakter terhadap apa yang sedang dihadapinya. Tujuan dari penciptaan skenario film fiksi ini adalah untuk melihat pengaruh pengembangan karakter protagonis terhadap karakter lain melalui struktur tiga babak. Menggunakan Pairs of Center dengan cara Rubber-Banding Within a Character, proses pengembangan karakter protagonis ini mencoba memindahkan Lower Solar Plexus Center ke Aspirational Solar Plexus Center. Dinamika struktur ini menawarkan peluang untuk perubahan karakter. Perubahan tersebut dipicu oleh dorongan batin yang spesifik antar pusat motivasi yang membuat karakter berkembang dari kondisi awal cerita sampai kondisi akhir cerita. Penerapan Eight Classic Center of Motivation untuk mengembangkan karakter protagonis dengan struktur tiga babak menggunakan Rubber-Banding within a character dengan Lower Solar Plexus Center ke Aspirational Solar Plexus Center menjadikan tarik ulur antar pusat motivasi yang perpindahannya memicu Inner Driven karakter untuk berkembang dan mengikuti pusat motivasi yang lebih tinggi. Teori Eight Classic Center of Motivation bisa dijadikan pilihan naratif untuk mengembangkan karakter protagonis dalam struktur tiga babak menggunakan Pairs of Center antara Lower Solar Plexus Center & Aspirational Solar Plexus Center menggunakan metode Rubber-Banding Within A Character dalam menampilkan sebuah kisah protagonis yang mengalami depresi berkepanjangan, berkembang menjadi lebih baik dari sifat individualisnya ke sifat altruismenya lewat tim penulis di kantornya yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nusantara, Guruhnim1610818032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRetnowati, Dyah Arumnidn0030047102
ContributorMulyaningsih, Endangnidn0009026906
Department: KODEPRODI91261#FILMDANTELEVISI
Uncontrolled Keywords: Karakter protagonis, struktur tiga babak, pengembangan karakter.
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Guruh Nusantara
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:00
Last Modified: 09 Aug 2023 07:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item