Penerapan Ostinato pada Komposisi Musik “Karhutla” dengan Format Paduan Suara

Kwong, Handy (2023) Penerapan Ostinato pada Komposisi Musik “Karhutla” dengan Format Paduan Suara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Handy Kwong_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Handy Kwong_2023_BAB I.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Handy Kwong_2023_BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Handy Kwong_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Image
hqdefault.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=Ortt6YcLdrY

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan merupakan masalah yang memberikan dampak serius terhadap lingkungan hidup, dan terjadi hampir setiap tahun di Indonesia. Masalah ini menjadi perhatian masyarakat, termasuk pelaku seni. Hal tersebut mendorong penulis untuk membuat karya musik berjudul “Karhutla” yang mengangkat isu kebakaran hutan dan lahan. Suasana kebakaran hutan pada karya ini digambarkan oleh penulis dengan menggunakan teknik ostinato dalam format paduan suara. Sepanjang pengetahuan penulis, tidak banyak karya paduan suara yang mengangkat isu kebakaran hutan dengan menggunakan teknik ostinato. Rumusan ide penciptaan dalam karya ini meliputi penerapan ostinato, dan implementasi interpretasi suasana kebakaran hutan dan lahan ke dalam karya musik “Karhutla”. Proses yang dilakukan dalam penciptaan karya “Karhutla” adalah perumusan ide penciptaan, penentuan judul, dan observasi berbagai karya dan kepustakaan yang relevan. Terdapat eksplorasi ide-ide musikal, perumusan konsep musikal, perancangan sketsa dasar, penentuan instrumentasi, dan penggarapan detail karya dengan memperhatikan penerapan ostinato serta implementasi interpretasi suasana agar dapat menghadirkan suasana kebakaran hutan dan lahan. Penerapan ostinato pada ketiga movement tersebut disesuaikan dengan suasana yang ingin digambarkan, sehingga ostinato pada ketiga movement tersebut memiliki karakter yang berbeda. Pada movement pertama, penerapan ostinato banyak menggunakan not seperdelapan dengan interval minor 2nd, mayor 2nd, dan minor 3rd yang bertujuan untuk menggambarkan api. Implementasi suasana pada movement ini juga dilakukan dengan menggunakan konsep aleatorik, polychord, polytonal, dan akor dengan nada superimpose. Pada movement kedua, penerapan ostinato dilakukan dengan membuat 2 pola ostinato yang membentuk interval minor 2nd, dan diminished 5th untuk membangun suasana mencekam. Implementasi suasana pada movement ini juga dilakukan dengan menggunakan konsep aleatorik, teknik whisper, dan penggabungan warna suara. Pada movement ketiga, penerapan ostinato dilakukan untuk memberikan tekstur dan membangun suasana tenang, sehingga pola ostinato yang digunakan bergerak secara statis. Implementasi suasana pada movement ini juga dilakukan dengan menggunakan tangga nada mayor diatonis, tekstur homofon, pengolahan dinamika, dan akor dengan nada superim-pose.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kwong, Handynim19101680133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavia Rosiana Dewi, Marianidn0012107702
ContributorPramuditya, Puputnidn0003118907
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK
Uncontrolled Keywords: ostinato, kebakaran hutan dan lahan, musik program, paduan suara
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Handy Kwong
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:58
Last Modified: 09 Aug 2023 00:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item