Perancangan Komik Strip Permainan Tradisional Masa Kecil

Putri Aisyiah, Safira (2023) Perancangan Komik Strip Permainan Tradisional Masa Kecil. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Safira Putri Aisyiah_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Text
Safira Putri Aisyiah_2023_BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Safira Putri Aisyiah_2023_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Safira Putri Aisyiah_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Safira Putri Aisyiah_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), permainan yang ada pada zaman sekarang berbeda dengan permainan yang ada pada masa kecil dulu karena permainan atau game sekarang memanfaatkan teknologi yang berkembang seperti halnya handphone maupun PC, sedangkan permainan zaman dulu masih mengandalkan interaksi antar pemain secara langsung dan seringkali hanya dapat dimainkan secara berkelompok sehingga saat ini sudah jarang dijumpai. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang permainan tradisional, media komik dipilih sebagai sarana edukasi untuk memperkenalkan karena merupakan media visual yang disajikan secara informatif dengan tulisan dan juga gambar. Tujuan dari perancangan komik ini adalah memperkenalkan dan memberikan gambaran permainan tradisional melalui komik kepada masyarakat khususnya generasi muda yang sekarang ini jarang mengetahui/ memainkan permainan tradisional. Data yang dipakai dalam pembuatan komik diambil dari literatur yang membahas tentang berbagai macam permainan tradisional, serta data visual didapatkan dari dokumentasi maupun internet. Cerita pada komik berpusat tentang penjelasan mengenai tata cara permainan tradisional dan juga penjelasan singkat tentang permainan tradisional tersebut yang disertai gambar permainan tradisional yang diantaranya adalah gasing, gundu, lompat tali karet, bola bekel, petak umpet, egrang batok kelapa, telepon kaleng, dan juga layang-layang. Kata kunci: Komik, komik strip, permainan tradisional, kelompok bermain, Desain Komunikasi Visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putri Aisyiah, Safiranim1612389024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
Department: KODEPRODI364010# DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Komik, komik strip, permainan tradisional, kelompok bermain, Desain Komunikasi Visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Safira Putri Aisyiah
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:22
Last Modified: 10 Aug 2023 03:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item