Kemampuan Imajinasi Musikal sebagai Pendukung Aspek Flow pada Praktisi Musik Live Coding di Indonesia

Maya Aristya, Maria (2023) Kemampuan Imajinasi Musikal sebagai Pendukung Aspek Flow pada Praktisi Musik Live Coding di Indonesia. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Maria Maya Aristya_2023_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Maria Maya Aristya_2023_BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Maria Maya Aristya_2023_BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Maria Maya Aristya_2023_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mendalami relasi yang kompleks antara imajinasi musikal dan pengalaman mengalir (flow) pada pertunjukan musik berbasis teknik live coding. Imajinasi musikal memegang peran sentral dalam penciptaan dan pertunjukan musik. Oleh karena itu, Imajinasi musikal dianggap sebagai stimulus kreatif yang mendasar dalam proses penciptaan musik. Dengan menggunakan pendekatan teori kreativitas deliberated (terencana) dan spontaneous (spontan), tujuan utama penelitian ini untuk mengurai peran imajinasi musikal dalam mencapai pengalaman mengalir selama pertunjukan musik live coding. Pendekatan ini mengaitkan pengalaman pertunjukan para praktisi musik live coding dalam upaya menghasilkan musik secara simultan dan improvisatif melalui modifikasi sumber kode di dalam perangkat lunak khusus. Melalui metode penelitian kualitatif dengan mewawancarai lima praktisi musik live coding di Indonesia, penelitian ini mengungkapkan bahwa imajinasi musikal membawa dampak yang kuat pada tahap perencanaan komposisi sebelum pertunjukan. Para praktisi menggunakan imajinasi untuk memvisualkan struktur musik serta merancang nuansa dan suasana yang diinginkan. Imajinasi juga memainkan peran penting dalam menggerakkan improvisasi saat pertunjukan berlangsung, di mana para praktisi mengadaptasi ide dan konsep yang diimajinasikan ke dalam karya musik yang dihasilkan secara spontan dalam live coding. Hasil penelitian ini mengungkapkan peran imajinasi musikal sebagai pendorong utama dalam membentuk proses kreatif dalam pertunjukan musik live coding. Meskipun faktor distraksi dapat mempengaruhi tingkat enjoyment yang bervariasi dalam keadaan flow, imajinasi musikal tetap menjadi elemen yang terlibat dalam perencanaan dan improvisasi, menghasilkan keseimbangan antara struktur terencana dan spontanitas ekspresif. Dinamika ini berjalan simultan dan berdampak langsung pada pengalaman mengalir. Para praktisi merasa sepenuhnya terlibat dalam penciptaan musik live coding dicirikan oleh gerak tubuh yang terbatas, tingkat konsentrasi yang tinggi, dan kemampuan berpikir yang cepat. Keadaan ini menjadi ciri khas dalam menghadapi tuntutan proses pertunjukan musik live coding. Kata kunci: imajinasi musikal, deliberated dan spontaneous, flow, musik live coding.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maya Aristya, Marianim2021327412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
Department: KODEPRODI91101#SENI
Uncontrolled Keywords: musik komputer, musik live coding, imajinasi musikal, deliberated dan spontaneous, pengalaman mengalir, flow
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Seni Musik
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Maria Maya Aristya
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:27
Last Modified: 10 Aug 2023 06:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14962

Actions (login required)

View Item View Item