Dafa Habib Sahlim, Adam (2023) Perancangan Visual Branding Album "Movie Star" Grup Musik Lor. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ADAM DAFA HABIB SAHLIM_2023_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
ADAM DAFA HABIB SAHLIM_2023_BAB V.pdf Download (839kB) |
|
Video
ADAM DAFA HABIB SAHLIM_2023_KARYA.mp4 Restricted to Registered users only Download (36MB) | Request a copy |
|
Video
drive/folders/14FHOsKReGrYVihVBTsZKMNNBNlrOE4So_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
ADAM DAFA HABIB SAHLIM_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
ADAM DAFA HABIB SAHLIM_2023_FULL TEXT.pdf Download (8MB) |
Abstract
Media visual sudah menjadi bagian penting dalam keseluruhan proses promosi sebuah album musik sejak tahun 1939. Hal demikian masih berlaku dalam dua dekade kebelakang, dimana industri musik bergeser ke ranah digital. Perubahan penyebarluasan musik secara digital memudahkan musisi baru untuk melakukan self-promotion, namun perubahan itu juga menyebabkan terlalu banyaknya musisi yang muncul, dengan popularitas yang naik dan turun dengan cepat pula. Hal yang sama dirasakan oleh grup musik LOR dalam proses perilisan album Movie Star. Dibutuhkan cara untuk menjaga konsistensi brand awareness dan engagement audiens agar musisi dapat tetap eksis di pasaran. Ada berbagai macam media yang bisa digunakan musisi untuk mempromosikan musiknya, misalnya music video (MV), merchandising, konten publikasi, dokumentasi dan lain sebagainya yang semuanya bisa dipromosikan lewat media sosial. Secara garis besar, musisi sekarang memanfaatkan media sosial untuk jalur engagemet utama dengan audiensnya. Media sosial tentu membutuhkan konten visual. Dengan memanfaatkan aktivasi media sosial unuk mempromosikan berbagai media tersebut dalam satuan program media visual branding yang terpadu, diharapkan musisi mendapatkan awareness dan engagement yang konsisten dari audiens dan pihak-pihak penting dari industri musik. Melalui proses design thinking dan Integrated Marketing Communication (IMC), MV dipilih menjadi media promosi utama untuk album Movie Star. MV dipilih atas dasar observasi, empati dengan audiens, riset audiens, riset platform digital dan wawancara dengan musisi lain. Diharapkan dari perancangan ini, program media promosi album Movie Star dapat meningkatkan awareness dan engagement audiens kepada LOR.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Visual Branding, LOR, Album Musik, Movie Star, Music Video | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Adam Dafa Habib Sahlim | |||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2023 07:16 | |||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2023 07:16 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14966 |
Actions (login required)
View Item |