Perancangan Series Komik Webtoon Tentang Membangun Habit Untuk Improvisasi Diri Dengan Metode Atomic Habits Oleh James Clear

Adriansyah Putra, Rizqie (2023) Perancangan Series Komik Webtoon Tentang Membangun Habit Untuk Improvisasi Diri Dengan Metode Atomic Habits Oleh James Clear. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Rizqie Adriansyah Putra_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
Rizqie Adriansyah Putra_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rizqie Adriansyah Putra_2023_BAB V PENUTUP.pdf

Download (740kB)
[img] Text
Rizqie Adriansyah Putra_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
Official URL: https://digilib.isi.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia melakukan berbagai rutinitas kegiatan, baik itu kegiatan yang produktif maupun tidak produktif. Serangkaian kegiatan rutin ini dikenal sebagai kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan setiap hari akan menentukan kualitas kehidupan diri masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang produktif agar dapat menentukan kualitas hidupnya. Menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak produktif hanya akan menyia-nyiakan waktu yang berharga. Dalam perancangan ini, penulis mengambil kasus gadget addict ( ketergantungan dengan gadget). Kebiasaan ini membuat keseharian orang tersebut menjadi tidak produktif dan malas. Mengubah kebiasaan seringkali sulit dilakukan. Motivasi jangka pendek tidaklah cukup, karena proses perubahan kebiasaan memerlukan waktu dan dedikasi yang besar. Untuk mengatasi kesulitan ini, penulis merujuk pada metode Atomic Habits karya James Clear, dimana perubahan kebiasaan diupayakan dengan meningkatkan diri sebesar satu persen setiap harinya. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu memudahkan proses perubahan kebiasaan menjadi lebih dapat dilakukan. Melalui 5W+1H, komik web dipilih menjadi media utama yang tepat untuk merangkul target audiens. Perancangan ini menggunakan media Web Komik dengan visual full-colored comics yang diunggah di platform LINE Webtoon. Diharapkan dapat menghasilkan perancangan web komik yang menarik dan dapat dinikmati oleh target audiens dengan pesan improvisasi diri menggunakan metode Atomic Habits sehingga dapat membekali target audiens ketika memulai langkah kecil untuk merubah kebiasaannya menjadi lebih produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adriansyah Putra, Rizqienim1710222124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHadi, Umarnidn0024085801
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Atomic Habits, Kebiasaan, Improvisasi Diri, Komik, Webtoon
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Rizqie Adriansyah Putra
Date Deposited: 13 Aug 2023 13:53
Last Modified: 13 Aug 2023 13:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item