Rebaban Gending Rondhon Kethuk Sekawan Awis Minggah Wolu Laras Slendro Pathet Sanga Versi K.R.R.A.T. Saptodiningrat

Diaz Hayu, Nazilla (2023) Rebaban Gending Rondhon Kethuk Sekawan Awis Minggah Wolu Laras Slendro Pathet Sanga Versi K.R.R.A.T. Saptodiningrat. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DIAZ HAYU_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DIAZ HAYU_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DIAZ HAYU_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DIAZ HAYU_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judul “Rebaban Gending Rondhon Kethuk Sekawan Awis Minggah Wolu Laras Slendro Pathet Sanga Versi K.R.R.A.T. Saptodiningrat” membahas mengenai penerapan cengkok rebab pada Gending Rondhon terutama menurut K.R.R.A.T. Saptodiningrat. Cengkok rebab berbeda dengan teknik yang ada pada rebab. Umumnya teknik di dalam ricikan rebab adalah teknik kosokan rebab, sementara cengkok rebab lebih mengarah kepermainan lagu rebab sebuah gending. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktor penggunaan cengkok rebab dan penerapannya pada Gending Rondhon versi K.R.R.A.T. Saptodiningrat. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pendekatannya menggunakan peran musikal, konsep garap dan konsep mungguh. Cengkok rebab dapat dikelompokkan menjadi 4, yakni cengkok umum; cengkok khusus; cengkok tuturan serta cengkok gantungan. Faktor penentu dalam penggunaan cengkok rebab diantaranya: 1) faktor musikal yang meliputi balungan gending, bentuk gending dan garap ricikan lain, 2) Konsep sajian gending (seleh), 3) Kreativitas pengrebab dalam mengembangkan wiledan pada garap rebab. Berdasarkan faktor tersebut, dapat dilihat bahwa K.R.R.A.T. Saptodiningrat menggunakan 4 cengkok rebab yang disebutkan sebelumnya serta keragaman wiledan yang ada pada garap rebab Gending Rondhon ini. Mengingat jangkauan nada pada rebab sangat luas, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi para pengrebab untuk mengembangkan wiledan masing-masing. Berpijak dari hal tersebut, wiledan dapat menjadi salah satu ciri khas tiap pengrebab karena tiap pengrebab memiliki rasa mungguh sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Diaz Hayu, Nazillanim1810712012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBayu, Wijawantonidn0001057606
ContributorTeguh, Tnidn0008085807
Department: KODEPRODI91211#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: cengkok rebab, rebab, pengrebab, gending.
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: Diaz Hayu Nazilla
Date Deposited: 13 Aug 2023 15:32
Last Modified: 13 Aug 2023 15:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15086

Actions (login required)

View Item View Item