Perancangan Board Game Sebagai Pembelajaran Character Building Untuk Anak Usia 4 - 6 Tahun

Misbah, Khoirul (2023) Perancangan Board Game Sebagai Pembelajaran Character Building Untuk Anak Usia 4 - 6 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
KHOIRUL MISBAH_2023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
KHOIRUL MISBAH_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KHOIRUL MISBAH_2023_BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
KHOIRUL MISBAH_2023_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB) | Request a copy
[img] Text
KHOIRUL MISBAH_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Video
Video Teaser.MOV
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter atau pembentukan karakter merupakan hal penting yang perlu ditanamkan sejak dini. Karakter seseorang akan mempengaruhi sifat, cara berbicara, cara berpikir, dan bahkan masa depannya. Sayangnya, orang tua sering kali tidak terlibat dalam memberikan pendidikan karakter kepada anak mereka, padahal mereka adalah sekolah pertama bagi anak dan dapat memberikan contoh yang akan ditiru oleh anak di masa depan. Hal ini menjadi motivasi bagi penulis untuk merancang sebuah board game sebagai media belajar yang digunakan oleh orang tua dan anak untuk mengembangkan karakter dan kepribadian anak sejak usia dini. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan metode sumber data visual dan verbal yang diperoleh dari literatur, jurnal, dan internet sebagai sumber data penelitian. Penulis juga mengumpulkan data primer melalui referensi pustaka yang relevan dan data sekunder melalui kuesioner terkait pendidikan karakter. Data yang diperoleh kemudian diolah menjadi perancangan board game yang mengandung teks narasi dan elemen visual seperti ilustrasi, desain layout, dan perpaduan warna. Board game ini menjadi media yang efektif untuk mengembangkan karakter anak melalui bermain sambil belajar. Selain itu, board game ini juga dapat menjadi wadah untuk orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama dengan cara yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Misbah, Khoirulnim1710261124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
ContributorJatmiko, Edinip198501032015041001
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Board Game, Pendidikan Karakter, Parenting
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Khoirul Misbah
Date Deposited: 15 Aug 2023 14:18
Last Modified: 15 Mar 2024 06:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item