Elanza Ibrahim, Diovan (2023) Perancangan Motion Graphics Kisah Laksamana Malahayati Sebagai Suplemen Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Diovan Elanza Ibrahim 1710263124 _ FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Diovan Elanza Ibrahim 1710263124 _ BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Diovan Elanza Ibrahim 1710263124 _ BAB IV PENUTUP.pdf Download (670kB) |
|
Text
Diovan Elanza Ibrahim 1710263124 _ LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
|
Text
Diovan Elanza Ibrahim 1710263124_ PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
Abstract
Pelajaran sejarah di Indonesia menghadapi masalah problematis karena mayoritas siswa menganggapnya sebagai mata pelajaran yang membosankan. Fakta ini begitu disayangkan mengingat dalam mata pelajaran ini terdapat pelajaran dan nilai-nilai hidup yang dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi remaja sebagai kesiapan diri menghadapi kehidupan. Jika hal ini tidak diatasi, dampak paling signifikan adalah terbentuknya sebuah generasi yang terputus dari sejarah bangsanya sendiri. Masalah ini telah menjadi keprihatinan banyak pihak terkait seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia hingga komunitas penggiat sejarah ‘HISTORIA’ yang meyakini perlu adanya revitalisasi pada penyelenggaraan pembelajaran sejarah. Salah satu aspek pembelajaran sejarah yang paling penting adalah inovasi media pembelajaran yang digunakan. Dibutuhkan media baru yang dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran sejarah disekolah. Banyak tokoh sejarah yang baik pemikiran, moral, maupun tindak-tanduknya patut menjadi teladan, salah satunya adalah pahlawan nasional perempuan asal Aceh yaitu Malahayati. Perancangan motion graphics tentang Malahayati ini bertujuan untuk menyediakan media pembelajaran alternatif yang diposisikan sebagai suplemen pelajaran pada mata pelajaran sejarah karena keterikatannya dengan materi yang termasuk dalam kurikulum mata pelajaran sejarah tingkat sekolah menengah atas yaitu mengenai tokoh Cornelis de Houtman Perancangan ini mengadaptasi metode kualitatif dengan menggunakan analisa model 5W+1H. Kisah Malahayati yang diangkat dimaksudkan untuk menularkan semangat Malahayati yang pantang menyerah dalam menjalani pasang-surut kehidupannya kepada para siswa sekolah menengah atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Malahayati, Animasi, Motion graphics, Sejarah, Pendidikan | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 23:09 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2023 23:09 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15209 |
Actions (login required)
View Item |