Adaptasi Kisah Relief Candi Sojiwan Dalam Media Keramik Benda Keseharian

Prawita Arissuta, Dona (2023) Adaptasi Kisah Relief Candi Sojiwan Dalam Media Keramik Benda Keseharian. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dona Perwita A_Full Text_2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Dona Prawita A_Bab I_2023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dona Prawita A_Bab V_2023.pdf

Download (54kB)
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (62kB)

Abstract

Transposisi medium dalam karya seni tidak saja menghasilkan pengalaman berbeda bagi seniman maupun audiens seni, tetapi memberikan rangsangan baru bagi tumbuhnya kapasitas pemaknaan berbeda pula. Perubahan dan potensi makna seharusnya menjadi kriteria lebih mendasar dalam melihat karya adaptasi, apalagi jika adaptasi dalam praktek seni visual juga melibatkan perpindahan pendekatan kreatif, dari relief ke seni keramik misalnya, yang akan membawa makna baru dari setiap unsur dari proses kreatifnya. Relief naratif di kaki Candi Sojiwan, Kebondalem, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah memiliki dayat tarik pada penceritaan dan penggambaran setiap figur (karakter) dari setiap cerita Kanon Jataka. Terlebih figur-figur dalam setiap cerita memberikan suasana yang hidup sehingga akan menarik dialih medium ke dalam media keramik fungsional sebagai mode penceritaan dan penggambaran ajaran- ajaran moral kepada anak-anak. Pelajaran dan pendidikan moral yang efektif adalah yang diterima oleh anak-anak dengan riang gembira dan dalam bentuk yang menarik perhatian mereka. Karya yang dihasilkan dari proses adaptasi pada penelitian ini berjudul “Palimpsest Series” untuk menunjukkan adanya perubahan dari perpindahan medium, peralihan cara kerja kreatif, keterlibatan, apropriasi-interpreatif, dan proses intertekstual dari proses adaptasi dalam penelitian ini. Dengan metodolgi Praktek Berbasis Riset, praktik-kreatif dalam kerja seni keramik lebih ditekankan untuk menujukkan bahwa setiap tahapan dari praktik kreatif keramik memberikan kejutan akan pandangan-baru. Potensi makna tidak saja pada hasil akhir dalam bentuk karya, tetapi makna baru ada pada proses kerja kretatif seni keramik yang dengan gamblang dapat dilihat, dirasakan dan disusun secara naratif. Ada proses interaktif/partispatif yang dibarengi dengan interpretasi yang intensif dalam memahami medium (tanah), glasir dan pilihan warna, pilihan bentuk dan mengatasi bayang-bayang keterbatasan tanah sebagai medium utama dari adaptasi. Selain penekanan praktek-kreatif, artefak seni dalam penelitian ini berupa bentuk keramik fungsional keseharian, tableware set dan berapa keramik mainan, merupakan pilihan yang paling masuk akal untuk menyelamatkan relevansi cerita dari relief naratif Candi Sojiwan dengan konteks hari ini. Cerita besar Jataka, relief naratif Candi Sojiwan, dan keramik fungsional sebagai hasil akhir penelitian dirangkai oleh semangat estetika kesaharian : tugas manusia untuk menggali makna dari kerutinan hidup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Prawita Arissuta, Donanim1830122511
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMarianto, M. Dwinidn0019105606
ContributorWisetrotomo, Suwarnonidn0029046204
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: adaptasi, relief Candi Sojiwan, cerita jataka, praktik berbasis riset, keramik dan estetika keseharian
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: Dona Perwita A
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:15
Last Modified: 20 Sep 2023 04:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item