Alternatif penggunaan model "Terapi Musik Improvisasi" pada anak penyandang autisme di SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta

Nisa, Maslikhatun (2007) Alternatif penggunaan model "Terapi Musik Improvisasi" pada anak penyandang autisme di SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Maslikhatun Nisa_Full Teks_2007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB) | Request a copy
[img] Text
Maslikhatun Nisa_BAB I_2007.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Maslikhatun Nisa_BAB IV_2007.pdf

Download (2MB)
Official URL: http:// digilib.isi.ac.id

Abstract

Autisme berasal dari kata autos yang dapat diartikan sebagai segala hal yang mengarah pada diri sendiri. Autisme adalah sebuah istilah yang dipergunakan untuk menunjukkan suatu gejala psikosis pada anak - anak yang unik dan menonjol. Salah satu gejala yang terlihat pada anak - anak penyandang autisme mengalami gangguan kualitatif dalam kemampuan berkomunikasi bahasa. Lembaga pendidikan khusus untuk anak - anak penyandang spektrum autisme merupakan salah satu tempat yang efektif bagi anak autis untuk mendapatkan program teraupetik atau perlakuan terapi terpadu. Model Terapi Musik Improvisasi (TMI) merupakan salah satu terapi alternatif yang dapat diterapkan dalam lingkup pendidikan khusus bagi penyandang autisme, yang pada dasarnya bertujuan untuk membantu mengekspresikan perasaan, membantu rehabilitasi fisik, serta memberikan pengaruh positif terhadap kondisi dan suasana hati dan emosi. Terapi musik dalam rangkaian sebuah terapi terpadu telah dapat menyajikan ragam permainan yang imajinatif dan variatif. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan suatu studi kasus pada dua orang subjek penelitian, yaitu anak penyandang spektrum autisme di lingkup Pendidikan SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, dengan cara memberikan perlakuan model terapi musik improvisasi sebagai upaya untuk membantu peningkatan kemampuan komunikasi bahasa reseptif dan ekspresif anak penyandang spektrum autisme. Kesimpulan yang dapat di tarik dari penelitian ini adalah model Terapi Musik Improvisasi dapat digunakan sebagai alternatif terapi, dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif, sekaligus kemampuan musikal penyandang autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nisa, Maslikhatunnim0210776013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSalim, Djohannidn0017126101
Department: KODEPRODI91221#Seni Musik
Uncontrolled Keywords: autisme, Model Terapi Musik Improvisasi, kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:46
Last Modified: 27 Oct 2023 06:13
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item View Item