Lakon Karna Tanding dalam upacara bersih desa di dusun Karen kelurahan Trimulyo kecamatan Kretek, kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Susanto, Heru (2004) Lakon Karna Tanding dalam upacara bersih desa di dusun Karen kelurahan Trimulyo kecamatan Kretek, kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Upacara bersih desa merupakan upacara tahunan yang dilaksanakan masyarakat dusun Karen, kelurahan Tirtomulyo, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Maksud diadakannya upacara bersih desa dengan pertunjukan wayang kulit adalah, sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk mendoakan arwah leluhur, sebagai penghormatan kepada cikal bakal dusun Karen, yaitu Kyai Karen, Nyai Karen dan R. A. Tulak Branta. Tujuan diselenggarakannya upacara bersih desa, agar masyarakat dususn Karen mendapatkan ketentraman, dihindarkan dari segala marabahaya, hasil panen yang melimpah dan dihindarkan dari kekeringan. Pada setiap pelaksanaan upacara bersih desa terdapat beberapa syarat ritual yang harus dipenuhi, yaitu; waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, donga Kabul, sesaji, dan yang paling penting adalah diadakannya pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan wayang kulit pada upacara bersih desa selalu menyajikan cerita Baratayuda. Upacara bersih desa di dusun Karen pada tanggal 25 Februari 2002 menyajikan lakon Karna Tanding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Susanto, Herunim9810033016
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKrisna Nuryanto Putra, Ig.nidn0017126501
ContributorWahyudi, Arisnidn0028036405
Department: KODEPRODI91241#SENI PEDALANGAN
Uncontrolled Keywords: Lakon Karna Tanding, Upacara bersih desa, ritual
Subjects: Pedalangan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pedalangan
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:37
Last Modified: 26 Oct 2023 07:37
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item