Proses Pembelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Siahaan, Fransiska (2014) Proses Pembelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran seni musik pada siswa kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta, adalah: metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, dan metode latihan. Metode-metode tersebut digunakan untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran menyanyikan lagu daerah dengan nada dan syair yang benar. Selain itu, siswa menjadi lebih mandiri dan percaya diri menyanyikan lagu daerah sambil memperagakan gerakan tubuh di depan kelas. Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah: Beberapa materi pelajaran seni musik yang telah disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak diterapkan karena kurangnya waktu yang diberikan sehingga guru harus mengkondisikan waktu yang singkat dengan cakupan materi yang banyak. Faktor keterbatasan pengetahuan guru tentang teori musik, serta belum tersedianya media pembelajaran (alat musik) menyebabkan wawasan serta kreatifitas siswa tidak berkembang secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Siahaan, Fransiskanim0811181013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMusmal, Musmalnidn0018075502
ContributorRatnawati Yuwono, Deboranidn0011115504
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Seni Musik, Pembelajaran, Sekolah Dasar
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:40
Last Modified: 27 Oct 2023 02:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item