Memahami Musik Populer Melalui Pandangan Theodor W. Odorno

Eka Masriadi, Tommi (2012) Memahami Musik Populer Melalui Pandangan Theodor W. Odorno. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Rasionalitas-tujuan, suatu istilah dari max Weber yang menurut Adorno menjadi suatu bentuk gaya berfikir masyarakat modern semenjak Pencerahan, menimbulkan konsekuensinya pada keseluruhan bentuk tindakan manusia. Industri budaya (the culture industry) sebagai salah satu konsekuensi rasionalitas-tujuan melahirkan bentuk-bentuk tindakan berkesenian yang sifatnya massal. Musik populer adalah salah satu seni yang bersifat massal tersebut, diiringi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendasari dirinya dari rasionalitas-tujuan. Esei "On Popular Music" merupakan analisis Adorno terhadap musik populer yang berkembang di masyarakat industri. Untuk memahami musik populer dalam esei "On Popular Music" digunakan metode pendekatan hermeneutika dari paul Ricoeur. Penggunaan pendekatan hermeneutika terhadap esei On Popular Music mendapatkan kesimpulan tentang musik populer sebagai tipe seni yang memiliki karakter mengafirmasi terhadap realitas dan tidak memiliki sifat kritis dan reflektif. Karakter afirmasi terhadap realitas disebabkan tuntutan industri budaya yang berdasarkan kepada rasionalitas-tujuan dalam pencapaian tindakan-tindakan yang diluar tujuan seni itu sendiri, tujuan dari seni, bagi Adorno, adalah terciptanya relasi antara seni dan kebenaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Eka Masriadi, Tomminim0511015013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo PS, Triyononidn0018025702
ContributorLaksono, Kardinidn0010047605
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: musik populer, musik serius, rasionalitas-tujuan, nilai-tukar, standardisasi, pseudo-individualization
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 29 Oct 2023 14:01
Last Modified: 30 Oct 2023 03:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item