Penerapan Pola Ritmik Sandi Morse Dalam Komposisi "Fonetik: Jangan Bicara" Untuk Formasi Trio String

Is, Refindar (2012) Penerapan Pola Ritmik Sandi Morse Dalam Komposisi "Fonetik: Jangan Bicara" Untuk Formasi Trio String. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perbedaan berkomunikasi dalam menangkap arti dan makna dari suatu komposisi musik medium vokal dengan musik medium instrumen, menjadi hal yang menarik untuk kita identifikasikan dari segi sistem bahasa komunikasinya yang akan disampaikan ke audien. Komunikasi pada musik medium vokal secara langsung melalui kata-kata atau liriknya, sedangkan musik instrumen hanya ditangkap dari judul dan efeefek imitasi sebagai pembangun suasana yang bersifat simbolis. Untuk memahami bentuk )form), harmoni, melodi dan aspek lain dalam musik instrumen diperlukan sebuah tingkatan apresiasi yang memerlukan latihan khusu, Pengelompokan simbol dan tanda berdampak penting dalam suatu karya musik mediaun instrument. Simbol sebagai pembangun suasana dan tanda sebagai struktur bahasa komunikasinya. Bahasa pada umunya adalah bentuk sistem dalam berkomunikasi manusia. Fonetik adalah sebuah ilmu tentang bunyi yang mengkaji aspek fisik bahasa yaitu ucapan (bunyi), penyampaian (bunyi) dan pendengar (bunyi). Kode Morse mempunyai aspek fisik bahasa selain wicara manusia. Sistem bunyi pada kode Morse yang telah diatur ke dalam bentuk pola ritmik, dan dapat berfungsi membedakan arti dan makna. Pola ritmik dari sistem bahasa pada sandi-sandi Morse, akan dijadikan suatu sistem bahasa komunikasi verbal pada penciptaan komposisi musik medium instrumen ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Is, Refindarnim0511015013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBoby Koapaha, Roykenidn0019116101
ContributorSlamet, R. Chairulnidn0016015801
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: musik medium vokal, musik medium instrument, sistem bahasa, komunikasi, audien, symbol dan tanda, fonetik, kode Morse
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 30 Oct 2023 12:45
Last Modified: 30 Oct 2023 12:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item